Wakapolri Buka Rakernas IV Senkom Mitra Polri, Sinergi untuk Pemilu Damai

Wakapolri Buka Rakernas IV Senkom Mitra Polri, Sinergi untuk Pemilu Damai


JAKARTA - Senkom Mitra Polri, sebuah organisasi masyarakat yang menjadi mitra Polri dalam membantu pengamanan dan ketertiban masyarakat, menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV di auditorium Mutiara Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta, Selasa (12/12/2023). Rakernas ini dihadiri oleh sekitar 600 anggota Senkom Mitra Polri dari 38 provinsi seluruh Indonesia secara offline, dan lebih dari 11.000 anggota secara online.

Rakernas IV ini bertujuan untuk menyamakan visi dan misi Senkom Mitra Polri, serta menguatkan sinergi dengan Polri dalam menghadapi berbagai tantangan dan dinamika sosial, terutama menjelang pelaksanaan Pemilu 2024. Rakernas ini juga menjadi ajang untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepengurusan Senkom Mitra Polri periode 2021-2023, serta merumuskan program kerja dan strategi untuk periode 2023-2025.

Rakernas IV ini seharusnya dibuka oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, namun karena mendadak dipanggil Presiden, pembukaan Rakernas pun akhirnya diwakilkan kepada Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. Dalam sambutannya, Wakapolri mengapresiasi kinerja dan kontribusi Senkom Mitra Polri dalam membantu tugas Polri dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Wakapolri juga mengajak dan sekaligus berharap kepada Senkom Mitra Polri untuk terus dan tetap menjadi mitra Polri yang solid, terutama dalam menghadapi Pemilu 2024 yang akan datang. Wakapolri menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, meskipun ada perbedaan pilihan politik.

Wakapolri Buka Rakernas IV Senkom Mitra Polri, Sinergi untuk Pemilu Damai


“Terutama saat ini, mari kita bersama – sama menjaga keamanan dan ketertiban agar Indonesia tetap utuh, tidak terpecah belah oleh kegiatan lima tahunan berupa Pemilu. Perbedaan pilihan tentu ada tidak bisa terhindarkan, namun diharapkan meski berbeda pilihan kita tetap jaga persatuan dan kesatuan, maka itulah saya berharap Senkom tetap dan terus menjadi mitra Polri,” kata Wakapolri, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. saat membuka Rakernas IV Senkom Mitra Polri, Selasa, 12/12/2023.

Wakapolri juga mengajak Senkom Mitra Polri untuk mendukung pelaksanaan Operasi Nusantara Cooling System (NCS) yang diaktifkan oleh Polri dalam rangka pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024. Operasi NCS ini bertujuan untuk mencegah dan menangkal segala bentuk gangguan, ancaman, dan tantangan yang dapat mengganggu proses demokrasi di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum Senkom Mitra Polri K.P.H. Dr. Katno Hadi Mangunagoro SE,MM dalam sambutannya melaporkan bahwa dalam kegiatan Rakernas IV tahun 2023 ini, Senkom Mitra Polri juga melakukan deklarasi bersama Pemilu Damai yang diikuti oleh anggota Senkom Mitra Polri seluruh Indonesia. Deklarasi ini dilakukan dengan menandatangani kain raksasa yang berisi komitmen untuk mendukung Pemilu 2024 yang aman, damai, dan demokratis.

“Kami berkomitmen untuk menjadi mitra Polri yang loyal, profesional, dan berintegritas. Kami siap mendukung dan berpartisipasi dalam pengamanan Pemilu 2024, serta mengedepankan prinsip netralitas, objektivitas, dan proporsionalitas. Kami juga siap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menghormati hak dan kewajiban setiap warga negara dalam berdemokrasi,” ujar Ketua Umum Senkom Mitra Polri.

Hadir pada pembukaan Rakernas IV ini, antara lain Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Arief Sulistyanto, S.H., M.H., Kabaintelkam Polri Komjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, S.H., M.Hum., Kakorbinmas Polri Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi, S.H., M.H., Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Drs. Argo Yuwono, S.H., M.Si., serta perwakilan dari Kementerian Pertahanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, Badan Narkotika Nasional, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, dan beberapa pejabat Mabes Polri serta Polda Metro Jaya.(fin)

Post a Comment

Previous Post Next Post