Terima Kunjungan LDII, Pj Gubernur Jateng Ajak Sinergi Program Kerja Pemprov

 LDII, Pj Gubernur Jateng


SEMARANG - Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjana AS, MM, mengapresiasi kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Tengah dalam berbagai bidang, seperti kebangsaan, kemiskinan, ekonomi, dan pendidikan. Hal ini disampaikan saat ia menerima kunjungan pengurus DPW LDII Jateng di Kantor Gubernur Jalan Pahlawan Kota Semarang, Kamis (16/12/2023) sore.

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Ketua DPW LDII Jateng, Prof Singgih Tri Sulistiyono, yang juga merupakan Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro (Undip). Ia didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ema Rachmawati M Hum, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat, Tegoch Hadi Nugroho SH, dan Kesbangpol Haerudin MH.

Prof Singgih menjelaskan bahwa tujuan kunjungan tersebut adalah untuk bersilaturahmi dengan Pj Gubernur Jateng, sekaligus mengundangnya untuk memberikan pembekalan kepada 35 Ketua dan Wakil Ketua DPD LDII se-Jawa Tengah dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) LDII Jateng 2023, yang akan digelar pada Sabtu (16/12/2023) di GNBS Kendal Jawa Tengah.

“Kebetulan kita ada agenda Rakerwil, Sabtu (16/12/2023) di GNBS Kendal Jawa Tengah dengan mengumpulkan 35 DPD kota/kabupaten se Jawa Tengah, semoga bapak Gubernur berkenan membuka dan memberi pembekalan untuk mensinergikan program kerja pemprov dengan LDII,” ujar Prof Singgih.

Ia juga menyampaikan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LDII yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo di Pondok Pesantren Minhajurrosidhin Jakarta pada 2023 lalu. Dalam Rakernas tersebut, LDII mengukuhkan komitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta mendukung program pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.


Terima Kunjungan LDII, Pj Gubernur Jateng Ajak Sinergi Program Kerja Pemprov


Prof Singgih menambahkan bahwa LDII memiliki program unggulan bidang kebangsaan, salah satunya dengan melakukan silaturahim ke berbagai elemen bangsa agar ada toleransi, saling menghormati, persatuan, dan kerukunan bangsa. Selama ini, DPW LDII Jateng sudah bekerjasama dengan Badan Kesbangpol Jateng dengan menggelar Silaturahmi Kebangsaan hingga sudah jilid 3 yang kemarin bisa menghadirkan perwakilan Kejaksaan Agung dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Selain itu, DPW LDII Jateng juga telah ikut membantu program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan dengan memberi bantuan rutin sembako kepada sebagian kaum dhuafa di Jateng. LDII juga telah membangun ekonomi kerakyatan dengan mendirikan Usaha Bersama, BMT, dan usaha-usaha lain. Serta membantu dunia pendidikan dengan mendirikan boarding school, pondok pesantren mahasiswa dan pelajar, hingga pondok pesantren reguler lainnya.

“Kita tidak hanya mengaji secara rutin tapi juga membina Generasi Penerus Bangsa dan kemandirian anggotanya,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, mengaku senang bisa bersilaturahmi dengan pengurus DPW LDII Jateng. Ia mengapresiasi kontribusi LDII dalam berbagai bidang, terutama dalam menjaga nilai-nilai kebangsaan dan Pancasila.


Terima Kunjungan LDII, Pj Gubernur Jateng Ajak Sinergi Program Kerja Pemprov


“Sebagai pelayanan kepada masyarakat, banyak saudara dan kawan bisa untuk berkolaborasi menjalankan program pemerintah secara maksimal, misalnya pengentasan kemiskinan,” ujar Nana.

Ia juga mengatakan bahwa program bantuan untuk keluarga miskin ekstrim telah menjadi perhatian pemerintah Jawa Tengah. Diharapkan kategori miskin ekstrim bisa berkurang dan mencapai target pemerintah.

“Kita berharap LDII bisa menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan Jawa Tengah yang sejahtera, maju, dan berdaya saing,” tutur Nana.

Nana juga menyatakan kesiapannya untuk membuka dan memberi pembekalan dalam Rakerwil LDII Jateng 2023. Ia berharap acara tersebut bisa menjadi ajang untuk menyamakan visi dan misi antara pemerintah dan LDII dalam melayani masyarakat Jawa Tengah.

“Terima kasih atas undangannya, saya akan hadir dan memberi pembekalan. Semoga Rakerwil LDII Jateng 2023 bisa berjalan lancar dan sukses,” ucap Nana.

Post a Comment

Previous Post Next Post