Senkom Mitra Polri Gelar Rakernas IV 2023, Meningkatkan Kemitraan PRIMA



JAKARTA - Senkom Mitra Polri, organisasi masyarakat yang bermitra dengan Polri dalam bidang komunikasi dan informasi, menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV dengan tagline “Meningkatkan Kemitraan PRIMA (Profesional, Responsif, Inovatif, Modern, dan Akuntabel) dalam Mendukung Polri yang Presisi Guna Menciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat”. Rakernas ini diadakan di gedung auditorium PTIK Jakarta pada Selasa, 12 Desember 2023.

Rakernas IV Senkom Mitra Polri ini merupakan amanat dari Musyawarah Nasional (Munas) IV Senkom Mitra Polri yang diselenggarakan pada tahun 2021 lalu. Dalam Munas tersebut, disepakati untuk melaksanakan Rakernas sebagai media kontrol dan evaluasi program-program kerja, serta menyamakan persepsi, menyelaraskan program, dan meningkatkan sinergi antara Senkom Mitra Polri dengan Polri, khususnya dalam mendukung program Polri yang Presisi, yaitu Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan.

Ketua Umum Senkom Mitra Polri, Dr.R.K.H.Katno Hadi Mangunagara, SE,MM, mengatakan bahwa Rakernas ini dihadiri oleh para pejabat tinggi di lingkungan Mabes Polri, seperti Kabaharkam, yang juga mengisi materi dan memberikan arahan dan bimbingan kepada Senkom Mitra Polri.

“Kami berterima kasih kepada pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang telah hadir dan membuka acara ini, serta para petinggi Mabes Polri lainnya yang telah mendukung acara Rakernas IV Senkom Mitra Polri tahun 2023 ini,” kata KRH.Katno Hadi.

Katno Hadi menambahkan, Rakernas ini juga membahas berbagai isu strategis yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat, seperti pencegahan dan penanggulangan terorisme, radikalisme, narkoba, cyber crime, hoax, dan lain-lain. Ia berharap, Senkom Mitra Polri dapat berperan aktif dalam mendukung Polri dalam menangani isu-isu tersebut, dengan cara menyampaikan informasi yang benar, cepat, dan akurat kepada masyarakat.

“Kami juga ingin meningkatkan kinerja dan capaian Senkom Mitra Polri selama satu tahun terakhir, serta merumuskan rencana kerja dan anggaran untuk tahun 2024 mendatang. Kami ingin menjadi Senkom Mitra Polri yang PRIMA, yaitu Profesional, Responsif, Inovatif, Modern, dan Akuntabel, dalam mendukung Polri yang Presisi, yaitu Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan, guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Katno Hadi.

Ketua Steering Comittee (SC) H.Lukman Hakim Abdul Fatah juga mengatakan bahwa Rakernas IV Senkom Mitra Polri, merupakan kegiatan yang diadakan sedikitnya satu kali dalam satu periode masa jabatan yakni dalam lima tahun sebagai pelaksanaan amanat AD/ART organisasi yang juga kelaziman setiap organisasi.

Rakernas IV tahun 2023 ini lanjut H.Lukman, diselenggarakan secara hybrid (offline dan online), adapun peserta yang offline ikut hadir di auditorium PTIK Jakarta adalah mereka para pengurus pusat (PP), para ketua-ketua dan sekretaris Provinsi, dan pengurus kabupaten kota seluruh Indonesia mengikuti melalui media komunikasi digital Senkom di studio masing-masing.

“Mereka yang mengikuti Rakernas melalui media komunimasi digital Senkom ada yang tempatnya difasilitasi oleh Polres setempat, sehingga studionya berada di Polres bersama Kapolres dan anggotanya, ada pula yang studionya di kantor sekretariatnya Senkom Kabupaten dan kota, Kapolres dan anggotanya ikut bareng disana,” lanjut H.Lukman menjelaskan.

Post a Comment

Previous Post Next Post