LDII Makassar Gelar Seminar Nasional Pemberdayaan Ekonomi Umat


 

Makassar, 10 Desember 2023 - Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Makassar menggelar “Seminar Nasional Pemberdayaan Ekonomi Umat”, di Hotel Golden Tulip Essential, pada Sabtu (9/12). Seminar diikuti 90-an pelaku UMKM di Makassar, Sulawesi Selatan.

Seminar itu mengangkat tema “Melalui UMKM Mandiri dan Andal Kita Wujudkan Indonesia Emas 2045”. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Muhammad Rezha.

Dalam sambutannya, Rezha mengungkapkan, acara itu ikut membantu program pemerintah daerah. Pihaknya siap berkolaborasi untuk mendorong UMKM di Makassar menjadi lebih baik lagi.

“UMKM agar mengurus sertifikasi halal dan legalitas izin usaha. Khusus untuk sertifikasi halal, tahun depan sudah menjadi kewajiban. Sertifikasi halal sudah menjadi standar, apalagi di negara dengan penduduk mayoritas muslim,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Makassar, Asdar Mattiro, menyampaikan seminar itu bertujuan mendorong pelaku UMKM dapat mandiri dan andal. “Tidak kalah penting, sesuai dengan tema dan program LDII yakni mendorong pemberdayaan ekonomi umat,” ujarnya.

Lewat kegiatan ini, Asdar mengajak pelaku UMKM untuk memperbaiki niat, bekerja keras dan tak lupa berdoa. Jika semua itu telah dijalankan dengan baik, maka pihaknya yakin dan percaya bahwa usaha apapun bakal sukses dan tidak kalah penting berkah.

“Kami hadirkan Bu Enny (Nuraeni) sebagai pelaku UMKM inspiratif yang telah banyak membina istri nelayan di pesisir. Lalu, pembicara lain untuk memberikan training menghitung modal awal hingga membuat laporan neraca keuangan yang bagus,” tuturnya.

Asdar menekankan, pelaksanaan seminar nasional ini merupakan awal dari upaya membangun ekonomi keumatan. Ke depan, pihaknya bakal menggandeng Dinas Koperasi dan UKM Makassar untuk menciptakan UMKM mandiri dan andal.

“Kami bakal ada kerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM. Mereka siap membantu, jadi acara hari ini hanya permulaan agar kita semua dapat terus meningkatkan kemampuan dan wawasan,” tutupnya.


LDII Makassar Gelar Seminar Nasional Pemberdayaan Ekonomi Umat


Pelaku UMKM Berpeluang Besar Menjadi Sosok Pahlawan Ekonomi

Seminar nasional yang digelar LDII Makassar ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM di Makassar. Hal ini penting, mengingat UMKM memiliki peran yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), UMKM menyumbang 61,07% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2022. Artinya, UMKM memiliki peran yang sangat besar dalam menggerakkan perekonomian nasional.

Selain itu, UMKM juga memiliki potensi yang sangat besar untuk menciptakan lapangan kerja. Pada tahun 2022, UMKM menyerap 97,22% dari total tenaga kerja di Indonesia.

Dengan demikian, pelaku UMKM memiliki peluang besar untuk menjadi sosok pahlawan ekonomi. Mereka dapat berperan dalam menggerakkan perekonomian nasional dan menciptakan lapangan kerja.

Seminar nasional yang digelar LDII Makassar ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah awal untuk mewujudkan hal tersebut. Dengan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM, maka mereka akan semakin siap untuk menghadapi tantangan dan peluang di era globalisasi.

Post a Comment

Previous Post Next Post