Akhir Tahun Berdoa untuk Kebaikan dan Kesuksesan

Akhir Tahun Berdoa untuk Kebaikan dan Kesuksesan

 

Akhir tahun merupakan momen yang tepat untuk introspeksi diri dan merenungkan kembali apa yang telah kita lakukan selama setahun terakhir. Selain itu, akhir tahun juga merupakan momen untuk menyongsong datangnya tahun baru dengan penuh harapan dan doa.

Berikut adalah beberapa contoh doa yang bisa dipanjatkan di akhir tahun:

  • Doa memohon keberkahan dan kesuksesan di tahun yang akan datang

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbi atina fid dunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.” (QS. Al-Baqarah: 201)

  • Doa memohon ampunan atas dosa-dosa

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَظُلْمَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنَّا

Allahummaghfir lana dzunubana wa dzulmana wa israfana fi amrina wa ma anta a’lamu bihi minna

“Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami, kezaliman kami, dan pemborosan kami dalam urusan kami, dan apa yang Engkau lebih mengetahuinya daripada kami.” (QS. Al-A’raf: 23)

  • Doa memohon perlindungan dari segala macam musibah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلاءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

Allahumma inni a’udzu bika min jahdi al-balaa’i wa darki al-syiqaa’i wa suu’il qadhaa’i wa shamatatil a’daa’i

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan bala, dari datangnya kesengsaraan, dari buruknya qadha’, dan dari kegembiraan musuh.” (HR. Muslim)

Selain doa-doa di atas, kita juga bisa memanjatkan doa-doa lain sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Misalnya, kita bisa berdoa untuk kesehatan, keselamatan, kebahagiaan, kesuksesan, dan lain sebagainya.

Berdoa di akhir tahun merupakan salah satu bentuk penghambaan diri kepada Allah SWT. Dengan berdoa, kita menunjukkan bahwa kita berserah diri kepada-Nya dan memohon pertolongan-Nya. Semoga di tahun 2024 yang akan datang, kita semua bisa mendapatkan kebaikan dan kesuksesan dari Allah SWT.

Contoh Doa lainnya.

اَللَّهُمَّ اَنْتَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ، لَكَ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَكَ إِلَّا بِإِذْنِكَ، تَعْلَمُ مَا بِالْأَنْفُسِ وَمَا تَخْفِي الصُّدُورُ، لَا يَعْلَمُ مَا تَقْدُمُ الصُّدُورُ إِلَّا أَنْتَ، وَأَنْتَ الْعَلِيمُ الْخَبِيرُ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَظُلْمَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنَّا، وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ، وَاهْدِنَا صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ.

“Ya Allah, Engkaulah Yang Mahahidup, Yang Maha Berdiri Sendiri, tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Mu segala yang ada di langit dan di bumi. Siapa yang dapat memberi syafaat di sisi-Mu tanpa izin-Mu? Engkau mengetahui apa yang ada di dalam hati dan apa yang disembunyikan oleh dada. Tidak ada yang mengetahui apa yang disembunyikan oleh dada kecuali Engkau. Engkaulah Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana. Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari siksa neraka Jahanam, siksa kubur, fitnah kehidupan dan kematian, dan kejahatan fitnah Dajjal. Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami, kezaliman kami, dan pemborosan kami dalam urusan kami, dan apa yang Engkau lebih mengetahuinya daripada kami. Dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang. Dan berilah kami petunjuk kepada jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) orang-orang yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang yang sesat.”

Doa ini merupakan doa yang panjang dan lengkap. Doa ini mencakup permohonan berbagai hal, mulai dari permohonan ampunan, permohonan perlindungan, permohonan petunjuk, hingga permohonan agar kita termasuk orang-orang yang mendapat rahmat dari Allah SWT.

Doa ini bisa dipanjatkan secara pribadi maupun bersama-sama dengan keluarga atau teman-teman. Doa ini bisa dipanjatkan di akhir tahun atau pada waktu-waktu lainnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post