Seminar Kesehatan Keputrian LDII Cilandak: Menjaga Postur Tubuh untuk Generasi Sehat dan Produktif

LDII Cilandak


JAKARTA - Menjaga postur tubuh yang baik adalah salah satu kunci untuk memiliki kesehatan yang optimal dan produktivitas yang tinggi. Hal ini menjadi penting bagi generasi muda perempuan yang memiliki banyak aktivitas dan tantangan di era modern ini. Untuk itu, Keputrian PC LDII Cilandak mengadakan seminar kesehatan yang membahas tentang cara menjaga postur tubuh yang baik di Gedung Yayasan Bina Insan Karimah, Andara, Jakarta Selatan, pada Minggu, (5/11).

Seminar kesehatan ini mengambil tema ‘Protect Your Body Posture, Generasi Sehat Generasi Produktif’ dengan menghadirkan narasumber fisioterapis Anna Fadhilla Rohmah. Anna memaparkan perbedaan postur tubuh yang baik maupun yang buruk sekaligus praktek optimal saat menjaga postur demi pencegahan timbulnya penyakit yang disebabkan kesalahan postur.

“Target peserta dari usia pra remaja hingga pra nikah cocok karena usia produktif sehingga peserta dapat terbantu mengenai informasi postur tubuh yang baik sebagai wanita,” ujar Anna.

Postur berkaitan dengan cara seseorang membawa dirinya pada posisi duduk, berdiri, berjalan, dan berbaring. Faktor lingkungan sekitar juga mempengaruhi postur tubuh sehari-hari seperti cara berpakaian, kebiasaan penggunaan tas dan perabot yang kurang sesuai, kebiasaan berolahraga, dan juga kurangnya pengetahuan dan kesadaran diri akan pentingnya memiliki postur tubuh yang baik.

Perubahan postur abnormal menimbulkan efek panjang seperti perubahan bentuk tulang belakang, nyeri punggung, nyeri leher, hingga cedera pada lutut dan kaki. “Oleh karena itu, saya ingin para peserta bisa mengenal dan mencintai diri sendiri dengan intropeksi diri, apakah postur tubuh sudah baik atau belum. Misalnya ketika lagi masa produktif kita harus tahu porsi tubuh kemudian bisa berlatih posisi yang telah disampaikan,” jelas Anna.

Senada dengan Anna, Ketua Keputrian PC LDII Cilandak, Hasbiya Miftahul Jannah mengungkapkan perempuan tidak hanya berfokus pada 3M saja (macak, manak, masak) namun merawat diri yang sering terlupakan. “Semoga dari apa yang sudah disampaikan oleh pemateri bisa bermanfaat dan barokah untuk para perempuan di PC LDII Cilandak, bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari hari,” pungkasnya.

Seminar kesehatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan positif yang dilakukan oleh Keputrian PC LDII Cilandak untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan anggotanya. Kegiatan ini juga sejalan dengan visi dan misi LDII yang mengajak umat Islam untuk beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi generasi muda perempuan Indonesia. (Bing)

Post a Comment

Previous Post Next Post