Sakocab SPN LDII Luwu Gelar Perkemahan Pembina Cabang, Tanamkan 29 Karakter Luhur kepada Generasi Muda

Sakocab SPN LDII Luwu


LUWU - Pramuka adalah salah satu wadah pembinaan karakter bagi generasi muda Indonesia. Melalui kegiatan pramuka, generasi muda dapat belajar berbagai keterampilan, nilai-nilai, dan sikap yang bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, dan bangsa. Salah satu organisasi pramuka yang aktif melakukan pembinaan karakter adalah Satuan Komunitas Cabang Sekawan Persada Nusantara (Sakocab SPN) Luwu.

Sakocab SPN Luwu merupakan salah satu cabang dari Sakocab SPN yang berada di bawah naungan Departemen Pemuda, Kepanduan, Olahraga dan Seni Budaya (PKOSB) DPP LDII. Sakocab SPN berkontribusi pada 8 bidang pengabdian untuk bangsa sebagai program prioritas. Salah satu program yang dilakukan oleh Sakocab SPN Luwu adalah menggelar Perkemahan Pembina Cabang (PERBICAB) bertemakan “Meningkatkan Kompetensi Pembina dalam Penerapan 29 Karakter.”

Kegiatan ini digelar di Kecamatan Kamanre Luwu, Sulawesi Selatan selama dua hari pada 24-25 Oktober 2023. Perkemahan diikuti 47 peserta dari Kabupaten Luwu hingga Kota Administratif Palopo, dengan melibatkan pengurus Kecamatan Kamanre. Dalam sambutannya, Ketua Camat Kamanre Syamsudding yang hadir saat itu mengapresiasi LDII atas kegiatan pramuka di Kamanre dan akan mendukung aktivitas LDII ke depannya.

Senada dengan Syamsudding, Ketua LDII Kabupaten Luwu Muchlisin mengungkap kegiatan digelar sebagai pembinaan generasi unggul dalam mengevaluasi dan implementasi 29 Karakter LDII. “Kerja sama serta kolaborasi bersama pemerintah setempat untuk pembinaan karakter generasi unggul dan religiusitas,” ujarnya.

Implementasinya, Sako SPN Luwu berupaya menanamkan 29 karakter luhur kepada generasi muda dengan pembekalan materi karakter luhur dan penerapan serta simulasinya. Termasuk, pengajaran kurikulum karakter yang telah dibuat Pembina Penggerak Generasi Penerus (PPG) Luwu.

Ketua Sako SPN Luwu Supardi menambahkan pembinaan karakter tersebut, dibangun melalui Sako Pramuka yang akan membentuk pribadi profesional religius. “Kita tingkatkan melalui kolaborasi, inovasi yang relevan dalam menghadapi digitalisasi mewujudkan pemuda unggul dan berkualitas,” paparnya.

Perkemahan Pembina Cabang ini merupakan salah satu bentuk kegiatan positif yang dilakukan oleh Sakocab SPN Luwu untuk meningkatkan kompetensi pembina dalam penerapan 29 karakter luhur. Kegiatan ini juga sejalan dengan visi dan misi LDII yang mengajak umat Islam untuk beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi generasi muda pramuka Indonesia. (Bing)

Post a Comment

Previous Post Next Post