Buka Rakernas LDII 2023, Presiden Jokowi Minta Bantu Bangun SDM Profesional Religius Menuju Indonesia Emas 2045

rakernas ldii 2023

JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) untuk berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LDII di Jakarta, Selasa (7/11).

Jokowi mengatakan, Indonesia Emas 2045 adalah harapan bersama bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju dan sejahtera. Namun, untuk mencapai itu, Indonesia harus memanfaatkan bonus demografi yang hanya terjadi sekali dalam sejarah.

“Bonus demografi adalah kesempatan emas bagi kita untuk melakukan lompatan kemajuan. Kuncinya adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, profesional, dan religius,” kata Jokowi.

Jokowi mengapresiasi program LDII yang telah memfokuskan pembangunan SDM profesional religius sejak 2018. Ia menilai, program tersebut sesuai dengan visi pemerintah untuk membangun SDM unggul yang berdaya saing global.

“LDII telah melaksanakan program-program yang sangat baik di bidang kebangsaan, keagamaan, pendidikan, dan kesehatan. Program-program ini mampu menciptakan manusia Indonesia yang sebenarnya, yaitu manusia yang beriman, berilmu, berakhlak, dan berbakti kepada bangsa dan negara,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mendukung program LDII di bidang teknologi digital, ekonomi syariah, energi baru terbarukan, dan ketahanan pangan serta pelestarian lingkungan. Ia mengatakan, program-program ini sangat relevan dengan tantangan dan peluang di era globalisasi.


rakernas ldii 2023

“Teknologi digital adalah kunci untuk mempercepat transformasi ekonomi dan sosial. Ekonomi syariah adalah solusi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya UMKM. Energi baru terbarukan adalah alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil. Ketahanan pangan dan pelestarian lingkungan adalah prioritas untuk menghadapi perubahan iklim dan pemanasan global,” papar Jokowi.

Jokowi berharap, LDII dapat terus berkontribusi dalam pembangunan nasional, khususnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Ia juga meminta LDII untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia yang beragam dan berbhineka.

“Indonesia adalah rumah kita bersama. Kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada. Kita harus bersatu dan bahu-membahu untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Saya yakin, dengan kerja sama dan sinergi antara pemerintah dan LDII, kita bisa mencapai cita-cita tersebut,” tutup Jokowi.

 

rakernas ldii 2023

 

Rakernas LDII merupakan agenda tahunan yang diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota LDII dari berbagai daerah. Rakernas LDII tahun ini mengusung tema “Membangun SDM Profesional Religius Menuju Indonesia Emas 2045”. Rakernas LDII berlangsung selama tiga hari, mulai dari 7 hingga 9 November 2023.

Post a Comment

Previous Post Next Post