Arfandy Mauludin Persinas ASAD Kotim Raih Emas di Gubernur Cup Pencak Silat se-Kalteng

Arfandy Mauludin Persinas ASAD Kotim Raih Emas di Gubernur Cup Pencak Silat se-Kalteng

PALANGKA RAYA - Arfandy Mauludin berhasil meraih medali emas pada Gubernur Cup Kejuaraan Pencak Silat se-Kalimantan Tengah Tahun 2023. Kejuaraan ini dilaksanakan di GOR INDOOR TUAH PAHOE jl. Cilik Riwut km 5 Palangkaraya pada tanggal 15-19 November 2023. Arfandy Mauludin mengalahkan pesaingnya dari perguruan lain di kategori putra dewasa kelas C.

Kejuaraan ini diikuti oleh ratusan pendekar dari berbagai perguruan Pencak Silat se-Kalimantan Tengah. Selain bertanding, mereka juga menampilkan festival atau seni Pencak Silat yang menyemarakkan suasana. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi, sportivitas, dan kekompakan antara para pesilat.

Kegiatan penutupan dilaksanakan oleh panitia pelaksana Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng itu dihadiri Pengurus KONI Kalteng, Saptono dan Rasad Samuel, Ketua IPSI Kalteng Guntur Taladjan, ratusan peserta sekaligus pembagian hadiah, Minggu (19/11/2023).

Ketua pelaksana yang juga kepala Bidang Prestasi Dispora Kalteng, Adi Nur Fajar, menyebut kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari itu berjalan dengan lancar dan luar biasa. Pihak Dispora mengapresiasi para peserta dan perguruan serta kesenian atau festival yang luar biasa menyemarakkan Pencak Silat serta sukses dalam pelaksanaan.

“Terima kasih Pak Gubernur, Wagub dan Sekda serta Pemprov Kalteng yang telah mendukung dan meningkatkan kegiatan olahraga di Kalimantan Tengah, termasuk olahraga Pencak Silat. Terima kasih juga atas dukungan masyarakat semuanya, terima kasih atas partisipasinya dan doanya,” ucap Adi.

Adi juga meminta para pengurus dan perguruan untuk mengevaluasi apabila belum berhasil meraih juara dalam turnamen tersebut. Kepada yang berhasil meraih gelar juara diharapkan terus berlatih serta mempertahankan yang terbaik.

“Selamat kepada para juara, dan yang belum beruntung tetap latihan dan evaluasi untuk ke depannya, untuk meningkatkan prestasi Pencak Silat,” katanya.

Ketua IPSI Kalteng, Guntur Taladjan, juga mengapresiasi seluruh panitia pelaksana, wasit serta seluruh peserta yang telah menyukseskan kegiatan. “Terimakasih kepada Pemprov Kalteng yang luar biasa mendukung kegiatan Turnamen dan Festival Pencak Silat, kegiatan meriah dan luar biasa. IPSI Kalteng terus bergerak meningkatkan kualitas SDM, termasuk memiliki 11 wasit lisensi nasional, dan satu orang wasit nantinya akan dikirim memimpin PON Aceh Sumut 2024,” kata Guntur.

Sementara itu, Ketum KONI Kalteng diwakili Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi, M.Rasad Samuel, menyebutkan KONI Kalteng terus melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan Pemprov Kalteng dalam membina dan memantau aktivitas cabor dan atlet dalam meningkatkan olahraga Kalimantan Tengah.

“Terimakasih atas semangat peserta dan terus tingkatkan pembinaan dari Pengprov IPSI sudah terus melakukan itu. Tetap semangat dan terus berkolaborasi dengan KONI, Dispora dan Pemprov Kalteng dalam upaya peningkatan,” kata Rasad, yang juga sekaligus menutup Gubernur Cup Kejuaraan Pencak Silat se-Kalteng 2023.

Kejuaraan Gubernur Cup Pencak Silat se Kalteng ini melahirkan sejumlah pemenang. Diantaranya yakni Kategori Berpasangan Putra terbaik pertama diraih oleh Faska Aprilio dan Ahmad Maulana dari perguruan Buyut Datuk Tinjek Kabupaten Kapuas.

Kemudian terbaik II Pebri Yukemson dan M Mistar Asari dari Perguruan Palampang Panerus Tinjek Pulang Pisau. Lalu terbaik III Minggo Hawino dan Valentinus Rolly dari Perguruan Kuntau Borneo Pusaka Nansarunai Jaya, Barito Timur (Bartim)

Di kategori berkelompok putra, terbaik I didapat dari Sendeng12 Pelampang Bangkuy Salamat Kambe, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), terbaik II dari Perguruan SidTinjek Kabupaten Kapuas, dan terbaik III dari perguruan Betang Main Kuntau Salamat Kambe Kabupaten Pulang Pusau.

Di kategori berpasangan putri, terbaik I diraih oleh Afriliana Maulidya dan Nabila Safitri dari Perguruan Sendeng12 Pelampang Bangkuy Salamat Kambe, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Perguruan Persinas ASAD Kotim mengirim 6 pesilat pada kejuaraan tersebut. Remaja Putra : Kelas C, Bintang Putra Mentari, Kelas E, M. Rangga Wijaya, Dewasa Putra :, Kelas B, Vicky Wafdulloh dan M. Agung Fatwa, Kelas C, Fery Virnanda dan Arfandy Mauludi.

Untuk pembinaan, Pemprov Kalteng menyiapkan uang pembinaan dengan nilai total Ratusan Juta Rupiah. Kejuaraan Gubernur Cup Pencak Silat diikuti sebanyak 331 peserta atau atlet baik pencak silat dan festival atau seni.


Post a Comment

Previous Post Next Post