LDII Makassar Minta Arahan MUI untuk Pembinaan Umat

LDII Makassar Minta Arahan MUI untuk Pembinaan Umat


MAKASSAR - Pengurus DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Makassar melakukan audiensi dan silaturrahim dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar pada Rabu (26/10/2023). Kunjungan ini bertujuan untuk meminta arahan dan masukan dari MUI terkait pembinaan umat di Kota Makassar.

Pengurus LDII Makassar yang baru saja dilantik pada 22 Oktober 2023 lalu juga menyampaikan rencana kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LDII yang akan digelar pada 7-9 November 2023. Rakernas LDII akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Ketua DPD LDII Kota Makassar Asdar Mattiro SSos MIKom mengatakan, pihaknya datang sebagai anak kepada orang tua untuk meminta arahan dari MUI tentang strategi mengurus umat. “Kami ingin berkolaborasi dengan MUI dan semua pihak dalam mengembangkan umat Islam di Kota Makassar,” ujarnya.

Asdar menambahkan, LDII Makassar memiliki beberapa program kerja yang akan dilaksanakan, seperti pelatihan dai kamtibmas, sertifikasi halal untuk UMKM, pelatihan jurnalistik, pengajian generasi penerus, dan pengajian dharma wanita. “Kami berharap MUI bisa melibatkan kami dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan umat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum MUI Kota Makassar AG Dr KH Baharuddin HS MA menyambut baik kunjungan LDII Makassar. Ia mengapresiasi komitmen LDII Makassar untuk berkontribusi dalam pengembangan umat Islam. “Kami siap memberikan arahan dan bimbingan kepada LDII Makassar sesuai dengan tugas dan fungsi MUI sebagai lembaga fatwa dan pembinaan umat,” ucapnya.

Baharuddin juga mengharapkan LDII Makassar bisa bersinergi dengan MUI dan organisasi Islam lainnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan umat Islam. “Kami mengajak LDII Makassar untuk bersama-sama menjaga ukhuwah Islamiyah dan menjauhi sikap intoleran dan radikal,” tuturnya.

Di akhir pertemuan, Pengurus LDII Kota Makassar menyerahkan beberapa buku kepada Pengurus MUI Kota Makassar sebagai tanda silaturrahim. Buku-buku tersebut antara lain Buku Nilai-Nilai Kebajikan dalam Jamaah LDII karya Dr Ahmad Ali MD MA, Majalah Nuansa Persada, dan Buku Munas IX LDII.


Post a Comment

Previous Post Next Post