Doa Setelah Membaca Alquran, Kitab Suci yang Penuh Keutamaan

 

Doa Setelah Membaca Alquran

Contoh doa setelah membaca Alquran,

اللَّهُمَّ ارْحَمْنَابِالْقُرْأَنِ وَاجْعَلْهُ لَنَا إِمَامًا وَهُدًى وَنُوْرًا وَرَحْمَةً اللَّهُمَّ ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نَسِيْىنَا وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَا جَهِلْنَا وَارْزُقْنَا تِلَاوَتَهُ أَنَاءَاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لَنَا حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Ya Allah, rahmatilah kami dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagi kami cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah kami lupa dan ajarkan kepada kami apa yang tidak kami ketahui darinya, anugerahkanlah pada kami kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagi kami, wahai Tuhan seru sekalian alam.

Dapat dilanjutkan dengan doa-doa permohonan kebaikan lainnya.

Doa ini adalah doa yang sangat mulia, yang berisi permohonan kepada Allah agar menjadikan Al-Qur'an sebagai petunjuk, cahaya, dan rahmat bagi kita. Doa ini juga memohon kepada Allah agar mengingatkan kita tentang apa yang telah kita lupakan dari Al-Qur'an, dan mengajarkan kita apa yang kita belum ketahui dari Al-Qur'an. Selain itu, doa ini juga memohon kepada Allah agar memberi kita rezeki untuk membaca Al-Qur'an di waktu malam dan siang, dan menjadikan Al-Qur'an sebagai hujjah bagi kita di hari kiamat.

Keutamaan:

Doa ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Menjadi wasilah untuk mendapatkan rahmat Allah.
  • Menjadi petunjuk dalam kehidupan.
  • Mendapat cahaya dari Allah.
  • Mendapatkan rahmat dari Allah.
  • Diingatkan oleh Allah tentang apa yang telah dilupakan.
  • Diajarkan oleh Allah tentang apa yang belum diketahui.
  • Diberikan rezeki untuk membaca Al-Qur'an.
  • Al-Qur'an menjadi hujjah bagi kita di hari kiamat.

Al-Quran adalah kitab suci bagi umat Islam yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan Malaikat Jibril. Al-Quran berisi ajaran-ajaran tentang tauhid, syariat, akhlak, kisah-kisah para nabi dan umat terdahulu, serta berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan dunia dan akhirat.

Al-Quran memiliki banyak keutamaan yang tidak dimiliki oleh kitab suci lainnya. Di antara keutamaan-keutamaan tersebut adalah:

  • Al-Quran adalah cahaya yang menerangi jalan hidup seorang Muslim dan menuntunnya menuju keselamatan. Allah SWT berfirman (yang artinya), “Wahai umat manusia, sungguh telah datang kepada kalian keterangan yang jelas dari Rabb kalian, dan Kami turunkan kepada kalian cahaya yang terang-benderang.” (QS. an-Nisaa’: 174)
  • Al-Quran adalah petunjuk yang menunjukkan urusan yang lurus dan memberikan kabar gembira bagi orang-orang yang beriman. Allah SWT berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya al-Qur’an ini menunjukkan kepada urusan yang lurus dan memberikan kabar gembira bagi orang-orang yang beriman yang mengerjakan amal salih bahwasanya mereka akan mendapatkan pahala yang sangat besar.” (QS. al-Israa’: 9)
  • Al-Quran adalah rahmat dan obat bagi hati dan jiwa. Allah SWT berfirman (yang artinya), “Dan Kami turunkan dari al-Qur’an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. al-Israa’: 82)
  • Al-Quran adalah perniagaan yang tidak akan merugi. Allah SWT berfirman (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman, apakah kamu akan Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? Yaitu kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa kamu. Itulah sebaik-baiknya bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. ash-Shaff: 10-11)
  • Al-Quran adalah kemuliaan bagi umat Islam. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah meninggikan suatu kaum dengan kitab ini (al-Qur’an) dan merendahkan kaum lainnya dengannya.” (HR. Muslim)
  • Al-Quran adalah hasad (iri hati) yang diperbolehkan. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada hasad kecuali dalam dua hal: seorang laki-laki yang diberi harta oleh Allah lalu dia menafkahkannya di jalan kebenaran, dan seorang laki-laki yang diberi hikmah oleh Allah lalu dia mengamalkannya dan mengajarkannya.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)
  • Al-Quran adalah syafa’at (pemberi syafaat) bagi pembacanya di hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi orang-orang yang membacanya.” (HR. Muslim)
  • Al-Quran adalah pahala yang berlipat-lipat bagi pembacanya di dunia. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari al-Qur’an maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu bernilai sepuluh kebaikan yang sama. Aku tidak mengatakan ‘alif lam mim’ itu satu huruf, tetapi ‘alif’ itu satu huruf, ‘lam’ itu satu huruf, dan ‘mim’ itu satu huruf.” (HR. at-Tirmidzi)
  • Al-Quran adalah penentram hati bagi orang-orang yang menghayatinya. Allah SWT berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.” (QS. ar-Ra’d: 28)
  • Al-Quran dan as-Sunnah adalah rujukan utama bagi umat Islam. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya aku telah tinggalkan di antara kalian dua perkara yang jika kalian berpegang teguh dengannya, maka kalian tidak akan sesat selama-lamanya, yaitu kitab Allah dan sunnah Nabi-Nya.” (HR. Malik)
  • Al-Quran dijelaskan oleh as-Sunnah. Allah SWT berfirman (yang artinya), “Dan Kami turunkan kepadamu al-Qur’an agar kamu menerangkan kepada manusia apa yang diturunkan kepada mereka, dan supaya mereka berpikir.” (QS. an-Nahl: 44)


Post a Comment

Previous Post Next Post