Sembilan Pj. Bupati dan Satu Pj. Wali Kota Dilantik Gubernur Kalteng

Sembilan Pj. Bupati dan Satu Pj. Wali Kota Dilantik Gubernur Kalteng


PALANGKARAYA. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran melantik dan mengambil sumpah jabatan 9 Penjabat (Pj.) Bupati dan 1 Pj. Wali Kota di Aula Jayang Tingang, Lantai II Kantor Gubernur, Senin (25/9/2023). Pelantikan ini dilakukan karena masa jabatan 10 Kepala Daerah di Provinsi Kalteng telah berakhir pada 24 September 2023.

Para Penjabat yang dilantik berasal dari berbagai latar belakang kedinasan hasil seleksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mereka adalah:


NoNamaJabatanAsal Kedinasan
1Hera NugrahayuPj. Wali Kota Palangka RayaSekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya
2MuhlisPj. Bupati Barito UtaraSekda Kabupaten Barito Utara
3Djainuddin NoorPj. Bupati SeruyanSekda Kabupaten Seruyan
4HermonPj. Bupati Murung RayaSekda Kabupaten Murung Raya
5KaspinorPj. Bupati SukamaraAsisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalteng
6Nunu AndrianiPj. Bupati Pulang PisauKepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalteng
7Erlin HardiPj. Bupati KapuasKepala Dinas Perkimtan Provinsi Kalteng
8SyaifulPj. Bupati KatinganKepala Dinas Dukcapil Provinsi Kalteng
9Lilis SurianiPj. Bupati LamandauKepala Biro Organisasi Setda Provinsi Kalteng
10Indra GunawanPj. Bupati Barito TimurSekretaris Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri


Dalam sambutannya, Gubernur Sugianto Sabran mengucapkan selamat kepada para Penjabat yang telah mendapatkan kepercayaan dari Mendagri untuk memimpin pemerintahan daerah sementara sampai dengan dilantiknya pejabat definitif nantinya. Gubernur juga mengapresiasi kinerja dan pengabdian para Bupati dan Wali Kota yang telah berakhir masa baktinya.

“Emban amanah itu dengan penuh ketulusan dan kesungguhan. Walaupun sementara, tetapi tugas tersebut tentu tidak mudah. Selaku Gubernur Kalimantan Tengah, saya mengingatkan kepada Saudara agar senantiasa memegang teguh amanah dan kepercayaan yang telah diberikan dalam memimpin penyelenggaraan pemerintahan di daerah,” ucap Gubernur.

Gubernur juga menekankan beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian para Penjabat, di antaranya adalah penanganan Karhutla, penanganan inflasi, dukungan pelaksanaan Program Strategis Pemprov Kalteng, pemanfaatan potensi daerah untuk meningkatkan PAD, penanganan stunting dan kelaparan, serta pemeliharaan Kamtibmas menjelang Pemilu dan Pilkada 2024.

“Berinovasi lah untuk memanfaatkan potensi daerah, sehingga capaian PAD lebih optimal,” kata Gubernur.

“Anggarkan dana dan aktifkan kembali Posyandu termasuk koordinasi dengan Forkopimda, Babinsa, dan Babinkamtibmas,” pesan Gubernur.

“Jaga Kamtibmas menjelang Pemilu dan Pilkada 2024. Jangan sampai ada konflik atau gesekan yang dapat mengganggu stabilitas daerah,” tegas Gubernur.

Acara pelantikan ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Ketua DPRD Kalteng Agustiar Sabran, Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Forkopimda Kalteng, para pejabat eselon I dan II Pemprov Kalteng, serta para tamu undangan lainnya. 

Post a Comment

Previous Post Next Post