Shalat Ied LDII Depok di Lapangan Lembaga Cornelis Chastelein

Shalat Ied LDII Depok di Lapangan Lembaga Cornelis Chastelein


Depok (26/4). LDII Kota Depok menyelenggarakan salat Idul Fitri di Lapangan Lembaga Cornelis Chastelein, Depok, Jawa Barat, pada hari Sabtu, (22/4). Sejak tahun 1996, LDII telah mendapat perizinan pemakaian lapangan yang dimiliki oleh Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (LCC) untuk digunakan sebagai tempat salat Idul Fitri dan Idul Adha.

Dalam kesempatan itu, Koordinator lapangan dan makam Yayasan LCC, Joni Bakas mengungkapkan, kerja sama sudah terjalin dengan baik antara LDII dan yayasan yang berjalan selama 27 tahun hingga saat ini, “Kami sangat mendukung kegiatan ini karena ini untuk kebersamaan,” ujarnya.

Pendeta sekaligus Staf Pembinaan Pemuda dan Anak Gereja Bethel Indonesia, Refelino Gilbert, memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan tersebut, “Sebuah keharusan, kita sebagai umat beragama harus bisa saling membantu sesama manusia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Refelino mengungkapkan pentingnya komunikasi dalam menjaga toleransi di Indonesia, karena tidak sedikit yang berstigma negatif antar umat beragama, “Namun, ketika saya duduk bareng dengan teman-teman muslim, toleransi di Indonesia itu bisa terjadi ketika kita punya komunikasi yang baik dan keterbukaan, itulah yang harus ditekankan di kota ini,” ujarnya.

Refelino menekankan keberagaman ini menjadi nilai unik yang harus dijaga. “Indonesia itu tidak hanya diijinkan ditinggali satu golongan, bermacam suku bangsa dan lintas agama. Pesan kami jangan pernah berprasangka buruk antar umat beragama,” katanya.

Ketua DPD LDII Kota Depok, H. Chairul Baihaqi, mengatakan bahwa kegiatan salat Idul Fitri di Lapangan LCC merupakan komitmen untuk menjaga toleransi di kota Depok, “Kegiatan ini menjadi contoh kebhinnekaan dalam beribadah dengan saling membantu dalam semangat kebersamaan dan menjaga toleransi beribadah,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa LDII, GBI, dan LCC bekerja sama dalam rangka saling membantu dalam melancarkan kegiatan ibadah Idul Fitri dan Adha, “Memang mayoritas di lingkungan ini non-muslim, tapi semuanya bersatu padu menyukseskan acara ini dan merupakan salah satu contoh bahwa di kota Depok ini toleransi tetap terjalin,” kata Chairul Baihaqi.

Chairul mengatakan, kegiatan sholat Idul Fitri LDII di Lapangan LCC yang terlaksana di Gereja Bethel Indonesia ini menjadi bukti bahwa di tengah perbedaan agama, toleransi dan kebersamaan masih bisa terjalin dengan baik, “Kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat Indonesia dalam menjaga kerukunan dan persatuan, terlebih di saat ini ketika banyak terjadi gesekan di antara berbagai kelompok dan latar belakang agama,” harapnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post