Susur Sungai, Menikmati Keindahan Sampit dari Atas Air



Sungai Mentaya merupakan sungai yang melintasi Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Susur sungai Mentaya di Sampit menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Susur sungai Mentaya dimulai dari Pelabuhan Rakyat di Kota Sampit. Perjalanan dimulai dengan menaiki perahu tradisional yang disebut kelotok.  Membawa pengunjung menelusuri sungai Mentaya. Sepanjang perjalanan, pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar. Sungai Mentaya memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Selama susur sungai, pengunjung juga bisa melihat kegiatan masyarakat sekitar sungai, seperti nelayan yang sedang mencari ikan atau warga yang sedang mencuci pakaian di tepi sungai. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melihat satwa liar seperti burung enggang, monyet, dan kera hutan yang berada di pohon-pohon sepanjang sungai.

Wisatawan juga dapat berhenti di beberapa desa nelayan di sepanjang sungai untuk melihat cara hidup masyarakat setempat dan mencicipi hidangan tradisional yang lezat. Salah satu menu khas favorit di Sampit adalah ikan jelawat. 

Ikan jelawat adalah salah satu jenis ikan air tawar yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia, termasuk di Sampit, Kalimantan Tengah. Ikan ini memiliki daging yang lembut dan gurih, sehingga sering dijadikan bahan masakan khas di daerah tersebut.

Salah satu masakan khas ikan jelawat di Sampit adalah "Pindang Jelawat". Pindang adalah istilah dalam bahasa Banjar yang merujuk pada masakan berkuah asam. Resep Pindang Jelawat ala Sampit terdiri dari bahan-bahan: ekor ikan jelawat, buah jeruk nipis peras airnya, batang serai memarkan, daun salam, daun jeruk, cabai merah iris tipis, bawang putih, iris tipis,  jahe, lengkuas, gula merah, garam dan air.

Yuk berkunjung ke Sampit.


Post a Comment

Previous Post Next Post