Jangan Tinggalkan Shalat Jumat

Laki-laki Ganteng Gak Ninggalin Shalat Jumat


Dalam Islam, Sholat adalah aspek penting dari ibadah.  Ini adalah tindakan penyerahan dan pengabdian kepada Allah, Yang Maha Tinggi.  Muslim diharuskan untuk melakukan shalat lima waktu, yang berfungsi sebagai pengingat iman mereka dan membantu mereka menjaga hubungan dengan Pencipta mereka.  Namun, salah satu sholat yang memiliki makna khusus di kalangan umat Islam adalah Sholat Jum'at.

Sholat Jum'at adalah sholat berjamaah yang dilakukan setiap hari jumat.  Semua pria Muslim wajib menghadiri sholat ini di masjid, wanita juga didorong untuk hadir tetapi tidak diwajibkan.

Signifikansi Salat Jum'at terletak pada perannya sebagai pengingat mingguan bagi umat Islam untuk merenungkan iman mereka dan memperbaharui komitmen mereka kepada Allah.  Nabi Muhammad SAW menekankan pentingnya doa ini dengan mengatakan: "Barangsiapa melewatkan tiga shalat Jum'at berturut-turut karena lalai, Allah akan menutup hatinya."  (Tirmidzi)

Selain manfaat spiritualnya, Sholat Jum'at juga berfungsi sebagai kesempatan bagi umat Islam untuk berkumpul sebagai komunitas dan memperkuat ikatan mereka satu sama lain.  Hal ini memungkinkan orang-orang dari berbagai latar belakang dan lapisan masyarakat berkumpul di satu tempat dan berdoa berdampingan, terlepas dari status sosial atau etnis.

Selain itu, Sholat Jum'at memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk mencari ilmu dan bimbingan melalui Khutbah yang disampaikan oleh Imam sebelum sholat dimulai.

Kewajiban solat jumat bagi laki laki, perhatikan dalil berikut :

قَالَ « الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِى جَمَاعَةٍ إِلاَّ أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوِ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِىٌّ أَوْ مَرِيضٌ ..راوه مسلم

Artinya : Nabi bersabda : solat jumat itu wajib bagi setiap orang islam dalam jamaah,  kecuali 4 golongan, yaitu, budak,  perempuan, anak kecil dan orang yang sakit.


Keutamaan solat jumat adalah diampuni dosanya selama 10 hari, perhatikan dalil berikut :

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَدَنَا وَأَنْصَتَ وَاسْتَمَعَ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الأُخْرَى وَزِيَادَةُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ وَمَنْ مَسَّ الْحَصَى فَقَدْ لَغَا.   رواه ابن ماجه

Artinya : barang siapa yang berwudhu kemudian membagusi wuhdhunya, kemudian datang solat jumat, dia mendekat dan memperhatikan dan mendengarkan khurbah, maka diampuni baginya apa apa yang ada diantara jumat itu sampai jumat depannya, kemudian ditambah 3 hari, barang siapa yang menyentuh kerikil  maka dia sungguh telah lahan (melakukan hal yang tidak perlu).

Namun perlu anda ketahui bahwa disamping pahalanya yang besar, ada hal hal yang menyebabkan seseorang tidak mendapatkan pengampunan tersebut, perhatikan dalil berikut :

قَالَ « إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ كَانَ عَلَى كُلِّ بَابٍ مِنْ أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ مَلاَئِكَةٌ يَكْتُبُونَ النَّاسَ عَلَى قَدْرِ مَنَازِلِهِمُ الأَوَّلَ فَالأَوَّلَ فَإِذَا خَرَجَ الإِمَامُ طَوَوُا الصُّحُفَ وَاسْتَمَعُوا الْخُطْبَةَ فَالْمُهَجِّرُ إِلَى الصَّلاَةِ كَالْمُهْدِى بَدَنَةً ثُمَّ الَّذِى يَلِيهِ كَمُهْدِى بَقَرَةٍ ثُمَّ الَّذِى يَلِيهِ كَمُهْدِى كَبْشٍ ». حَتَّى ذَكَرَ الدَّجَاجَةَ وَالْبَيْضَةَ فَمَنْ جَاءَ بَعْدَ ذَلِكَ فَإِنَّمَا يَجِىءُ بِحَقٍّ إِلَى الصَّلاَةِ. .رواه ابن ماجه  

Artinya : nabi bersabda : saat hari jumat, para malaikat berdiri didepan pintu masjid, mereka menulis kepada manusia atas kira kiranya kedudukan mereka, yang datang awal maka ditulis awal, , maka ketika imam (khotib) telah naik ke mimbar, malaikat mentup buku catatannya, dan lansung mendengarkan khutbah, maka adapun orang yang datang pertama seperti berkurban unta, dan yang datang kedua seperti berkurban sapi, dan yang datang ketiga seperti berkurban kambing, sehingga nabi menyebutkan ayam dan telur,  barang siapa yang datang setelah imam naik mimbar, maka sesungguhnya dia hanya mendatangkan hak nya solat saja. Tidak mendapat keutamaan solat jumat).

Maka perlu kita perhatikan juga hal hal yang kecil seperti lahan, datang (telat) yaitu setelah imam naik mimbar dan tidak mendengarkan khutbah adalah hal yang bisa membuat anda tidak mendapatkan kekhususan pahala solat jumat.  Jadi hanya menggugurkan kewajiban saja.

Post a Comment

Previous Post Next Post