Audiensi Dengan Kakanwil Kemenag, Ketua DPW LDII Kaltim Sampaikan Program Kerja 8 Kontribusi untuk Bangsa

Audiensi Dengan Kakanwil Kemenag, Ketua DPW LDII Kaltim Sampaikan Program Kerja 8 Kontribusi untuk Bangsa

SAMARINDA – Pengurus Harian DPW LDII Kalimantan Timur menjalin silaturahmi dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda, Kamis (16/3). Pada kesempatan ini, Prof. Krishna P Candra bersama jajaran diterima Kakanwil Kemenag Provinsi Kaltim Drs. H. Abdul Khalik, M.Pd di ruang kerjanya.

Pada kesempatan ini Ketua DPW LDII Kaltim masa bakti 2022-2027 Prof. Dr. Ir. Krishna P. Candra, M.S bersama dengan Sekretaris Dewan Penasihat H. KE Waspodo, didampingi Ketua Biro Hubungan Antar Lembaga H. Katwadi, A.Md dan Ketua Biro Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat H. Sumardi, S.E.

Prof. Candra menyampaikan program kerja 8 kontribusi pengabdian LDII untuk bangsa berdasarkan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2018 dan Musyawarah Nasional IX LDII tahun 2021 yang lalu di Pondok Pesantren Minhajurosyidin di Pondok Gede, Jakarta.

Munas IX LDII kala itu dibuka secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo, didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dari Istana Negara di Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Dalam sambutannya, Presiden mengajak seluruh jajaran dan keluarga besar LDII untuk selalu menyuarakan dan meningkatkan toleransi dalam kehidupan sosial dan keagamaan bangsa Indonesia. “Perbedaan-perbedaan yang ada hendaknya tak menjadi penghalang untuk menjaga pergaulan dan gotong royong di antara sesama,” ajak Presiden.

Pada audiensi tersebut, Prof. Candra memperkenalkan kepada Drs. Abdul Khalik, M.Pd tentang peran serta LDII selama ini, khususnya di Kalimantan Timur sebagai bagian dari organisasi masyarakat Islam yang berasaskan Pancasila dan UUD 45.

Abdul Khalik juga banyak bercerita tentang perkembangan positif pengurusan jamaah haji Indonesia tahun-tahun terakhir ini dan memberikan informasi penting tentang polemik yang sempat muncul berkaitan dengan pembiayaan haji tahun 1444 H (2023).

Polemik tersebut akhirnya diselesaikan dengan baik untuk kemaslahatan pengurusan haji Indonesia ke depan. Prof. Candra juga menyampaikan selamat dan apresiasi yang sebesar-besarnya bahwa pengurusan jamaah oleh pemerintah Indonesia mendapat penilaian yang sangat memuaskan.

Sementara itu, Abdul Khalik mengucapkan terima kasih kepada pengurus LDII yang selama ini telah menjalin hubungan baik dengan Kantor Kementerian Agama yang ada di seluruh Indonesia, termasuk menjalin Ukhuwah Islamiyah dengan seluruh Ormas Islam yang ada.

Abdul Khalik berharap kontribusi LDII bisa terus dilakukan dan senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama utamanya dalam menghadapi tahun politik yang telah mulai terasa.

Untuk itu Prof. Candra menyampaikan kesediaan beliau untuk dapat nantinya menjadi salah satu nara sumber dalam Rapimwil LDII Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023 yang rencananya akan digelar pada November 2023 di Samarinda.

Di akhir pertemuan, Ketua DPW LDII Kaltim, Prof. Candra menyerahkan Buku Hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) VII LDII Kaltim, Buku Hasil Munas IX LDII dan Majalah Nuansa serta petikan SK Kepengurusan DPW LDII Provinsi Kaltim masa bakti 2022-2027 kepada Abdul Khalik.(Wildan/LINES)

Post a Comment

Previous Post Next Post