LDII Kukar Sambut Hangat Kunjungan Binpolmas Polda Kaltim

LDII KUKAR


KUTAI KARTANEGARA Ketua DPD LDII Kabupaten Kutai Kartanegara Indra Ashari menyambut hangat kunjungan Kasubdit Binpolmas Dit Binmas Polda Kaltim AKBP Sugianto, S.H., M.H di Sekretariat LDII Kukar Jalan Penyingggahan, Senin (6/2/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Indra Ashari mengatakan bahwa AKBP Sugianto mengungkapkan dukungan dan peran ormas LDII dalam menjaga pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

Usai menerima kunjungan, Indra mengatakan, Harkamtibmas bukan hanya tugas aparat keamanan saja, melainkan juga menjadi bagian dari tugas bersama seluruh masyarakat, ormas, dan komponen masyarakat lainnya.

“Tokoh agama dan tokoh masyarakat diharapkan membantu Ketaatan Hukum di tengah masyarakatnya. Dengan keterbatasan jumlah polisi dan masyarakat yang tidak seimbang, maka dibutuhkan peran Polmas, ormas, tokoh masyarakat maupun tokoh agama,” tutur Indra Ashari, seperti yang dikatakan AKBP Sugianto.

Polmas atau Pemolisian Masyarakat (Community Policing) merupakan kegiatan untuk mengajak masyarakat melalui kemitraan anggota Polri dan masyarakat. Masyarakat diharapkan memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan keamanan dan ketertiban di lingkungannya serta menemukan pemecahan masalahnya.

Menurut Indra, AKBP Sugianto mengajak masyarakat untuk bermitra, termasuk dengan LDII, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam melakukan upaya-upaya penangkalan, pencegahan, dan penanggulangan ancaman, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat secara kemitraan yang setara dengan Polri di lingkungan sekitarnya.

“Misalnya, ormas pada umumnya diimbau untuk melakukan dakwah secara sejuk. Dai, Mubaligh, Ustaz, Ustazah yang ada di ormas LDII itu menjadi corong untuk menyampaikan Harkamtimas di lingkungan kita,” tuturnya.

Dengan begitu, lanjutnya, keterlibatan warga LDII untuk memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat akan tercapai. “Kita tidak dapat membangun kalau masyarakat tidak tertib,” tuturnya.

Terkait dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berdekatan dengan Kukar, Indra mengatakan akan berusaha turut serta menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan sekitarnya.

“Pendatang yang datang untuk bekerja di IKN datang silih berganti. Dampak yang ditimbulkan bisa positif dan negatif. Apalagi sebentar lagi juga akan digelar Pemilu dan Pilkada serentak,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia mengungkapkan jauh hari masyarakat diimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. “Peran penting tokoh agama membantu ketaatan hukum di tengah masyarakat sangat dibutuhkan saat ini,” pungkasnya. (Aris/Hanif/LINES)

Post a Comment

Previous Post Next Post