Tiga Masjid LDII di Kramatwatu Serang Diresmikan Sekaligus oleh Bupati Ratu Tatu Chasanah


Banten. Bupati Ratu Tatu Chasanah menandatangani peresmian tiga masjid LDII Kramatwatu, Serang, Banten pada Kamis (19/1/2023). Masjid ini akan dimanfaatkan sebagai sarana ibadah serta kegiatan sosial ekonomi warga LDII dan masyarakat sekitar.

“Ketiga masjid tersebut di antaranya, Masjid Sabiilul Muttaqiin di Kampung Pabuaran, Desa Sentul, Kecamatan Kragilan. Kedua Masjid Karomatul Auliya di Kampung Kramat Lor, Desa Kramatwatu, Kecamatan Kramatwatu. Yang terakhir Masjid Al Muflihun di Kavling Cigodag, Desa Harjatani, Kecamatan Kramatwatu,” ujarnya.

Tatu menyampaikan, penandatanganan tersebut seharusnya dilakukan saat peresmian masjid pada akhir Januari 2023, “Karena kami memiliki acara lain, maka kami mempercepat penandatanganan peresmian dilakukan di Pendopo Bupati Serang. Alhamdulillah, kehadiran masjid ini yang dibangun LDII ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” tutur Tatu.

Bupati Serang mengatakan, LDII memiliki program kepanduan berbasis masjid, tidak hanya menjadi tempat belajar pendidikan agama, masjid yang dibangun ini juga menjadi pendidikan karakter anak usia dini, “Terdapat kegiatan pramuka berbasis masjid, karena bagus untuk membentuk karakter jujur dan gotong royong,” tandasnya.

Politikus Golkar ini menilai, hal itu sangat bagus untuk pendidikan anak. Terlebih, melihat perilaku anak remaja saat ini yang mulai ada penyimpangan seperti kekerasan berupa tawuran hingga asusila, “Jadi anak-anak tidak hanya mendapat pendidikan formal di sekolah, tapi juga pendidikan agama di luar sekolah,” tuturnya.

Selain itu, Bupati Serang yang menjabat sejak 2016 mengungkapkan, masjid LDII ini akan mampu untuk menciptakan nuansa agamis serta geliat sosial ekonomi di tengah masyarakat, “Karena peran masjid di zaman nabi juga tidak hanya sekedar jadi tempat ibadah, tapi juga bisa menggerakkan ekonomi sehingga menyejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Senada dengan Tatu, Ketua LDII Kabupaten Serang, Kabid Bagaskara menyampaikan, selain untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat, kehadiran masjid LDII juga memiliki program yang bisa disinergikan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, “Sehingga kami bisa memberikan sumbangsih bagi pembangunan Kabupaten Serang,” pungkasnya.