Silaturahim dengan LDII Bali, Ketum MUI Jakarta Teringat Perkataan Presiden JokowiSilaturahim dengan LDII Bali, Ketum MUI Jakarta Teringat Perkataan Presiden Jokowi.


Denpasar (11/1). Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta, KH Munahar Muchtar beserta rombongan menyambangi Kantor Sekretariat DPW LDII Bali di Jalan Padang Griya, Denpasar Barat, Senin (2/1) siang. Silaturahim dengan pengurus LDII Bali itu digelar sebelum melakukan rangkaian pertemuan dengan MUI Provinsi Bali pada sore hari. 

Rombongan MUI DKI Jakarta diterima langsung Ketua DPW LDII Bali H. Olih Solihat Karso didampingi Pengurus Harian dan jajaran Dewan Penasihat. Silaturahim berlangsung dengan suasana santai penuh keakraban sambil menikmati sajian hidangan makan siang khas Bali. 

"Saya ini sangat senang bersilaturahim. Setiap perjalanan ke daerah, saya selalu usahakan agar bisa bersilaturahim dengan tokoh- tokoh Islam setempat untuk memahami aspirasi maupun permasalahan umat yang ada di daerah. Alhamdulillah, hubungan kami dengan LDII juga sangat baik, banyak tempat kegiatan LDII baik yang ada di Jawa maupun luar Jawa sudah kami kunjungi, dan sampai saat ini kami selalu di terima dengan baik," tutur KH Munahar.

Sementara itu, H. Olih Solihat Karso menyampaikan informasi seputar keberadaan warga LDII di Bali. Mulai kegiatan pembinaan berupa pengajian rutin, menjaga hubungan dengan masyarakat dan tokoh agama setempat, hingga kerja sama yang telah dilakukan LDII Bali dengan berbagai instansi pemerintah di Bali. 

"Kami instruksikan kepada warga LDII di Bali untuk terus ikut berkontribusi menjaga kerukunan dan toleransi dengan masyarakat sekitar. Salah satunya dengan cara aktif mengikuti kerja bakti di lingkungan masing masing. Kemudian, kerja sama dengan instansi pemerintah di Bali juga berjalan baik. Kami telah menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 dosis satu dan booster, seminar wawasan kebangsaan dengan Korem 163/Wirasatya, sosialisasi hukum oleh Kejari Denpasar,  pencegahan stunting dengan Diskes, dan masih banyak lagi lainnya, " ungkap Olih. 

Diskusi hampir empat jam itu juga membahas berbagai topik dan cerita masalah keumatan baik yang ada di DKI Jakarta maupun di Bali. Setelah diskusi rampung, Ketum MUI DKI mengajak pengurus DPW LDII Bali untuk ikut bersilaturahim ke Kantor MUI Provinsi Bali.

"Saat dalam perjalanan ke Kantor DPW LDII Bali saya teringat ucapan Presiden Jokowi yang mengatakan, 'saya sering melihat petunjuk arah, LDII 100 meter dalam setiap perjalanan ke daerah.' Makanya, waktu mau masuk ke sini, saya perhatikan, ternyata posisi petunjuk arah ke gedung LDII-nya bergeser dan perlu dikembalikan lagi," gurau KH Munahar. 

Olih Solihat mengapresiasi kunjungan Ketum MUI DKI Jakarta dan rombongan. Dosen ISI Denpasar itu juga menyampaikan  berbagai masukan dan saran yang diberikan untuk kemajuan LDII Bali. (das)