Ngaji Akhir Tahun, Muda-Mudi LDII Pelaihari Tingkatkan Iman Raih Jodoh Idaman


Tanah Laut (1/1) – Menyambut tahun baru dengan mengikuti Ngaji Akhir Tahun sudah menjadi tradisi di kalangan muda-mudi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Kabupaten Tanah Laut (Tala) Kalimantan Selatan. Tujuan utamanya  agar di malam pergantian tahun muda-mudi terhindar dari berbagai kegiatan negatif yang banyak mudhorotnya.

Tak terkecuali di penghujung tahun 2022 ini, sebanyak 135 remaja dan muda-mudi LDII se Kecamatan Pelaihari mengikuti pengajian akhir tahun di Masjid Sabikar Rosyad yang berada di Kelurahan Angsau. 

Ketua Pimpinan Cabang LDII Kecamatan Pelaihari, Miftah Khurrozi Fatah, S.Pd. menyampaikan bahwa Ngaji Akhir Tahun Muda-Mudi LDII Pelaihari dibagi menjadi 3 klaster yaitu pra remaja, remaja, dan usia nikah.

“Materi Pengajian dibagi menjadi 3 sesuai kaster usia, yaitu untuk pra remaja diberi materi toharoh dan ketadziman, klaster remaja  materi semangat mencari ilmu dan bahayanya pelanggaran laki-laki perempuan, dan klaster usia nikah diberi materi tentang kemandirian semangat bekerja dan keutamaan menikah. Setelah mendapat materi pokok,  dilanjutkan dengan kegiatan hiburan dan makan-makan”, ucap Miftah.

Seluruh peserta pengajian akhir tahun pun sangat antusias. Terlebih lagi yang usia nikah, setelah mendapat materi berupa ayat-ayat Al-Qur’an dan petikan beberapa hadist tentang keutamaan menikah, mereka jadi tambah semangat untuk menjemput jodoh idaman di tahun 2023. 

“Kami mendapatkan motivasi tentang keutamaan menikah. Yang tidak kalah pentingnya kami juga diberi materi tantang etos kerja dan kemandirian agar para pemuda bisa hidup mandiri sebelum menikah”, kata Syakur salah seorang pemuda LDII Pelaihari.

Setelah materi utama disampaikan, acara dilanjutkan dengan hiburan berupa pentas seni dan makan bersama. Pentas seni menampilkan pencak silat Persinas ASAD, drama kolosal, dan pemutaran video kaleidoskop 2022 di halaman masjid. 

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Tala, Anton Kuswoyo, menyampaikan bahwa tahun ini Pengajian Akhir Tahun Muda-Mudi LDII se Kabupaten Tala diselenggarakan di 3 lokasi berbeda. Masing-masing dilaksanakan di tingkat Kecamatan yakni Kecamatan Pelaihari, Bajuin, dan Kintap.

“Alhamdulillah Ngaji Akhir Tahun 2022 berjalan dengan lancar. Semua muda-mudi LDII bisa mengikuti sampai akhir. Dengan Ngaji Akhir Tahun inilah muda-mudi LDII dapat terhindar dari kegiatan hura-hura maupun kemaksiatan. Sebaliknya muda-mudi LDII mendapat materi keagamaan yang bisa meningkatkan keimanan sekaligus materi motivasi untuk bekal kemandirian dan meraih jodoh idaman”, papar Anton yang juga merupakan dosen di Politeknik Negeri Tanah Laut. (Kus)