ldii jepara


Jepara (5/1). Ketua DPD LDII Jepara, Suradi, bersama perangkat Pemerintah Kabupaten Jepara dan para ulama menghadiri rapat koordinasi Majelis Ulama Indonesia (MUI). Acara tersebut membahas agenda program kerja tersebut berlangsung di Aula Islamic Center, Jepara, Jawa Tengah, pada Senin (26/12).

Hadir pada kesempatan tersebut Pejabat Bupati Jepara, Edy Supriyanta. Dalam pengantarnya, ia mengatakan para ulama memiliki peranan penting, bertanggung jawab terhadap pembinaan moral umat. Oleh karena itu, ulama harus mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi dan situasi yang terjadi saat ini.

“Harapannya, rapat koordinasi ini dapat menjadi respon terhadap dinamika persoalan yang sedang bergulir sekarang, sekaligus menyiapkan program secara matang sehingga mampu bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk memajukan Kabupaten Jepara,” jelas Edy.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa peran ulama sangatlah penting dalam pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mereka menggandeng masyarakat dalam semangat nasionalisme, sekaligus perdamaian.

“Menghadapi tahun politik, MUI diharapkan tidak berpolitik, termasuk tiga pilar penting didalamnya yaitu MUI, ulama dan umaro agar tidak membawa hal-hal yang mengarah kepada perpecahan. Adapun tugas utama dari para ulama haruslah membawa kedamaian dan keselamatan,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Kodim 0719/Jepara, Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq berharap MUI dapat memaksimalkan peran dan fungsinya dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Sebagai garis terdepan dalam mengokohkan moral, etika dan spiritual umat, peran ulama juga diharapkan mampu mencerahkan dan mencerdaskan masyarakat secara agamis sehingga dapat memelihara kerukunan antar umat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambahnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, kapolres jepara AKBP Warsono, Ketua MUI Mashudi, Kepala Kantor Kemenag Muh Habib, Kepala Bakesbangpol Lukito Sudi Asmara, serta tamu undangan yang hadir.

Melalui rapat koordinasi tersebut, diharapkan menjadi media yang efektif dalam merancang program kerja MUI serta mengumpulkan para tokoh agama dalam rangka memberikan manfaat yang maksimal untuk kemasalahatan umat.