Refleksi Kaki, Alternatif Pijat untuk Pengobatan


Badan terasa capek, letih, lesu, kurang bertenaga? Sangat dimungkinkan ada faal tubuh yang terganggu. Selain menggunakan obat, ada alternatif terapi tradisional yang layak dicoba. Melalui pijat refleksi.

Refleksologi, juga dikenal sebagai terapi zona, adalah praktik medis alternatif yang melibatkan penerapan tekanan pada titik-titik tertentu di kaki, telinga, dan tangan. Ini dilakukan dengan menggunakan teknik pijat ibu jari, jari, dan tangan tanpa menggunakan minyak atau losion. Ini didasarkan pada sistem pseudoscientific zona dan area refleks yang konon mencerminkan citra tubuh pada kaki dan tangan, dengan premis bahwa pekerjaan seperti itu pada kaki dan tangan menyebabkan perubahan fisik pada area yang diduga terkait. tubuh.

Praktik yang menyerupai pijat refleksi mungkin telah ada pada periode sejarah sebelumnya. Praktik serupa telah didokumentasikan dalam sejarah India, Cina, dan Mesir.Refleksologi diperkenalkan ke Amerika Serikat pada tahun 1913 oleh William H. Fitzgerald, M.D. (1872–1942), spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan, dan Edwin F. Bowers. Fitzgerald mengklaim bahwa memberikan tekanan memiliki efek anestesi pada area tubuh lainnya.

Itu dimodifikasi pada 1930-an dan 1940-an oleh Eunice D. Ingham (1889–1974), seorang perawat dan fisioterapis. Ingham mengklaim bahwa kaki dan tangan sangat sensitif dan memetakan seluruh tubuh menjadi "refleks" pada kaki, mengganti nama "terapi zona" menjadi refleksologi. Banyak ahli refleksologi modern menggunakan metode Ingham, atau teknik serupa dari ahli refleksologi Laura Norman.


Dikutip dari halodoc, berikut titik-titik refleksi yang sering dipijat :

Tumit Kaki

Refleksi kaki pada bagian tumit membuat pegal-pegal di area betis dapat diatasi dengan baik. Selain itu, pijatan pada tumit membuat kaki menjadi lebih rileks. 

Biasanya, para terapis akan memusatkan titik refleksi kaki dengan menekan area tumit dengan ibu jari. Kemudian, tangan yang lain akan melakukan pijatan lembut pada seluruh kaki.


Sisi Kaki di Atas Tumit

Bagian sisi kaki di atas tumit menjadi titik refleksi yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalah pegal atau tidak nyaman pada area pinggul. 


Jempol Kaki

Jika kamu tiba-tiba mengalami sakit kepala, selain beristirahat dan mengonsumsi obat, kamu bisa melakukan refleksi kaki dan dapatkan pijatan serta tekanan lembut pada bagian jempol kaki. 

Pada titik untuk sakit kepala ini dinilai efektif untuk mengatasi sakit kepala. Selain itu, pijatan refleksi pada bagian ini juga efektif untuk mengatasi kondisi tegang dan kram pada kaki.


Punggung Atas Kaki

Melakukan refleksi kaki pada bagian ini membuat kamu merasakan lebih nyaman dan rileks. 


Pergelangan Kaki Belakang

Titik refleksi pada pergelangan kaki belakang membantu kamu mengurangi tekanan pada bagian tendon achilles. Tendon achilles adalah tendon atau urat yang menghubungkan otot betis ke tumit.