LDII Sanggau Bersama Ratusan Warga Sekayam Sukses Lakukan Aksi Pungut Sampah

LDII Sanggau Bersama Ratusan Warga Sekayam Sukses Lakukan Aksi Pungut Sampah

 

Sanggau - Sedikitnya ratusan warga Kecamatan Sekayam dari berbagai komponen terlibat dalam aksi bersama pungut sampah.  Kegiatan yang dipelopori Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kabupaten (LDII) Kabupaten Sanggau ini sebagai upaya mewujudkan lingkungan yang bersih 

"Kami menilai kesadaran dan kepedulian lingkungan mesti diperkuat, karena lingkungan yang bersih menjadi harapan setiap orang," ujar Ketua LDII Sanggau Nur Kurniawan di sela-sela aksi bersama  di halaman Masjid At Taqwa Balai Karangan Sekayam,  5 November 2022.

Dijelaskannya gerakan ini sebagai bagian dari peringatan Hari Bersih Sedunia dan juga untuk kampanye membangun kepedulian lingkungan. 

"Aksi bersama ini ditujukan agar lingkungan Balai Karangan bersih dari sampah dan bagian dari upaya kampanye peduli  halaman," jelas dia. 

Dalam aksinya LDII menggandeng Pemerintah Kecamatan Sekayam, Forkopimcam,  Pemdes Balai Karangan,  Ormas Pemuda dan juga terlibat anggota Satgas Pamtas Malindo. "Alhamdulillah yang terlibat mencapai ratusan orang. Kami selaku pelaksana kegiatan terima kasih atas  Camat Sekayam, Forkompimcam, Ormas pemuda dan Satgas Pamtas Malindo. Kerjasama ini sangat luar biasa, dan semoga berkelanjutan," tegas Wawan panggilan akrabnya. 

Sasaran aksi ditambahkannya meliputi kawasan masjid At Taqwa dan pasar. "Kedua kawasan ini kebetulan sejalur dan menjadi icon wilayah Balai Karangan, maka mesti dijaga kebersihannya, karena menjadi pusat aktifitas warga," tegas dia. 

LDII Sanggau Bersama Ratusan Warga Sekayam Sukses Lakukan Aksi Pungut Sampah


Sedangkan Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto yang juga turut hadir menjelaskan aksi bersih lingkungan mesti terus digalakkan, karena persoalan sampah tidak boleh disepelekan. "Aksi bersih-bersih lingkungan menjadi salah satu dakwah yang dilakukan LDII. Jadi menjaga dan peduli lingkungan itu karakter yang terus dibangun, ditengah-tengah ancaman krisis iklim," ujar dia. 

Dalam program kegiatan,  LDII menitikberatkan terhadap  delapan program pengabdian salah satunya lingkungan hidup. "Krisis iklim yang menjadi dampak dari degradasi kualitas dan fungsi lingkungan menjadi perhatian LDII, sehingga secara berkelanjutan terus dilakukan," katanya. 

Dalam menjaga kelestarian lingkungan, tidaklah mungkin bisa berhasil maksimal apabila dikerjakan sendiri, melainkan upaya ini membutuhkan kerjasama. "Saya bangga dengan kerjasama hari ini.  LDII Sanggau mampu menggandeng komponen warga yang ada di Sekayam. Suatu ketika bisa saja ormas atau lembaga pemintah melibatkan warga LDII dengan aksi yang serupa dan luas cakupannya," tegas Susanto.

LDII Sanggau Bersama Ratusan Warga Sekayam Sukses Lakukan Aksi Pungut Sampah


Sementara Camat Sekayam, Junaidi mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi LDII Sanggau dan masyarakat Sekayam. "Atas nama pemerintah saya mengapresiasi dan menyampaikan rasa bangga karena dilakukan aksi bersih lingkungan di wilayah Balai Karangan,'" katanya. 

Lingkungan yang bersih menjadi tanggung jawab bersama dan dimulai dari membuang sampah dengan bijak. "Apabila gerakan ini berkelanjutan, saya yakin Balai Karangan akan bersih dan indah. Ini harapan saya, sebagai Camat," tambah Junaidi. 

Dalam aksi bersih lingkungan LDII juga menanam pohon di lingkungan Kantor Desa Balai Karangan.

0 Komentar