Kenali Apa itu Generasi Alfa Beserta Tantangannya

 Kenali Apa itu Generasi Alfa Beserta Tantangannya

Generasi Alfa adalah kelompok demografi yang menyusul Generasi Z. Para peneliti dan media populer memakai awal 2010-an sebagai awal tahun kelahiran dan pertengahan 2020-an sebagai akhir tahun kelahiran. 


Gangguan perilaku :

ADHD

Gangguan perilaku hiperaktif & impulsif kesulitan memusatkan perhatian menghambat anak untuk berkonsentrasi pada tahap pembelajaran bicara "Terjadi keterlambatan bicara"


MUTISME

Kondisi dimana anak tidak mau berbicara pada situasi umum atau dengan orang asing  Kecuali pada keadaan tertentu (sedang sendiri, dengan teman, dan orang tua) anak sulit berteman & bergantung dengan orang tua.


AUTISME

Gangguan pekembangan neurologis & perilaku mengalami keterlambatan bicara  terhambatnya tahap pengenalan karena tidak adanya interaksi  terhambatnya tahap pemahaman  anak sulit mempersepsikan apa yang dikenalkan.

Kenali Apa itu Generasi Alfa Beserta Tantangannya

SPEED DELAYED (Lambat Bicara)

Terlambat bicara à kondisi dimana kemampuan anak mengemukakan perasaan pada orang lain menggunakan Bahasa ekspresif, sehingga kemampuan anak bicara tidak sesuai kelompok umurnya.

Jika keterlambatan bicara tidak diterapi à anak akan berisiko mengalami masalah sosial, emosional, perilaku dan kognitif dimasa dewasa sekitar 40-60%. Gangguan ini sering terjadi pada usia 18-24 tahun.

Hal itu disebabkan karna masih adanya kepercayaan, bahwa keterlambatan bicara terjadi secara alami dan akan terkejar sendirinyaà memunculkan kebijakan "tunggu dan lihat" yang mengakibatkan keterlambatan dalam diagnosis dan intervensi.


Orang tua memiliki peran PENTING dalam mendeteksi gangguan keterlambatan bicara. Mengapa ??Karena orang tua merupakan TITIK KONTAK pertama si-kecil. Jadi, orangtua berperan menjadi pendeteksi awal bagi keterlambatan bicara seorang anak dikelompok usianya.

Prinsipnya!!

Setiap kemampuan anak jika TIDAK SESUAI dengan kelompok usianya, orangtua harus mulai WASPADA. JANGAN MENUNGGU!!

Karena akan menghilangkan kesempatan anak dimasa GOLDEN PERIODE-nya.


Beberapa tips dalam menciptakan keamanan saat menggunakan internet

Batasi screen time anak Anda

Tidak lebih dari 2 jam setiap hari untuk anak yang berusia lebih dari 2 tahun.

Makin banyak waktu yang dihabiskan anak di dunia maya

⚫️ terpapar materi yang tidak sesuai usia

⚫️ atau mengalami perlakuan salah oleh oknum bertanggung jawab. yang tidak

⚫️"adiksi terhadap internet."

Awasi komputer dan gadget yang digunakan anak Hindarkan anak menyendiri dan bermain komputer atau gadget di kamar tidur mereka.

by FKKI 

0 Komentar