Gubernur Lampung Canangkan Pembangunan Masjid Raya, LDII Beri Dukungan untuk Kemaslahatan Umat

 Gubernur Lampung Canangkan Pembangunan Masjid Raya, LDII Beri Dukungan untuk Kemaslhatan Umat

Lampung (18/11). Provinsi Lampung bakal memiliki sebuah Masjid Raya berkapasitas 10 -12 ribu jamaah yang dibangun di Bandarlampung, rencana pembangunan ini disampaikan dalam Sosialisasi Pembangunan Masjid Raya Provinsi Lampung di Ballroom Hotel Bukit Randu Bandarlampung, Kamis (17/11/2022).

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menjelaskan bahwa bangunan masjid ini akan berlokasi di kawasan Gedung Olahraga (GOR) Saburai, Kel. Enggal Bandar lampung, dengan luas lokasi yang akan dibangun 2,3 hektar dan menggandeng mitra dari Yayasan Bakrie Amanah.

Anggaran dana yang digunakan untuk pembangunan masjid ini bukanlah bersumber dari APBN, tapi sumbangan dari Yayasan Bakrie Amanah. Untuk itu gubernur meminta keikhlasan seluruh pihak dan masyarakat untuk kesuksesan pembangunan masjid.


Gubernur Lampung Canangkan Pembangunan Masjid Raya, LDII Beri Dukungan untuk Kemaslhatan Umat


“Proses membangun dalam bentuk keikhlasan kita semua, masjid ini akan menjadi kebanggaan masyarakat Lampung, Insyaallah akan bermanfaat untuk kita semua,” kata Arinal.

Ia menyebutkan bahwa masjid ini akan menggantikan Gedung Olahraga (GOR) Enggal yang saat ini sudah tidak berfungsi secara maksimal. Keberadaan GOR akan dipindahkan dan diganti dengan lokasi yang lebih luas sekitar 170 ha di kawasan Exit Tol Kota Baru dan akan dibangunkan pusat olahraga (sport center).

Ia berharap masjid yang dibangun akan diberi nama “Al Bakrie” ini diharapkan bisa menjadi pusat kegiatan sosial keagamaan. Ini akan menjadi realisasi keinginan masyarakat Lampung untuk memiliki masjid termegah di ‘Sai Bumi Ruwa Jurai’.

Sang Arsitek, Reza mengatakan bahwa bangunan ini tidak hanya satu lantai. Agar dapat memuat jamaah lebih banyak, pihaknya sudah mendesain lantai tambahan.


Gubernur Lampung Canangkan Pembangunan Masjid Raya, LDII Beri Dukungan untuk Kemaslhatan Umat


Ia menjelaskan bahwa desain juga memakai kearifan lokal dengan memuat seni yang memuat motif dan filosofi Lampung yakni ‘Siger’. Masjid ini juga akan dilengkapi dengan area terbuka untuk kegiatan ekonomi/ UMKM, kuliner, olahraga, dan wisata religi.

Sementara itu, Ketua LDII Provinsi Lampung, dr. Aditya menyampaikan kegembiraannya dan mendukung penuh pembangunan masjid raya ini. Ia berharap masjid tersebut dapat menjadi simbol kebanggaan Lampung.

“Kami Keluarga Besar LDII Provinsi Lampung siap memberi masukan serta dukungan dalam pembangunan Masjid Raya ini, dan berharap Masjid ini nantinya bisa mendatangkan kemaslahatan bagi warga di Provinsi Lampung, dan sebagai jariyah di akherat nanti,” ungkapnya.

“Barang siapa yang membangun masjid di dunia, maka akan dibangunkan rumah di Surga, Alhadits, kita berharap seperti itu,” tutup Aditya yang juga sebagai pengurus besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pusat ini.

0 Komentar