Meski Hujan, Warga LDII Balikpapan Antusias Ikuti World Cleanup Day 2022

World Cleanup Day 2022


BALIKPAPAN - DPD LDII Kota Balikpapan ambil bagian dalam World Cleanup Day Indonesia (WCDI). Acara tersebut diselenggarakan di lingkungan Pondok Pesantren Bairuha bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Balikpapan.

Tema World Cleanup Day Indonesia tahun ini “Kami 13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah” digagas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kegiatan ini dimulai sejak 10 hingga 25 September 2022.

“Alhamdulillah. kami bersinergi dengan beberapa instrumen di Kota Balikpapan, yaitu Ponpes Bairuha, SMP dan SMA IT Tri Sukses Generus, Penggerak Pembina Generus (PPG), serta Senkom.  Pagi ini telah dibuka langsung oleh DLH dan Camat yang ada di sini,” tutur Ketua DPD LDII Kota Balikpapan, H. Herry Fathamsyah

Senada dengan instruksi Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso beberapa waktu lalu, kata Herry penyelesaian sampah harus dimulai dari hulu, yakni rumah tangga. WCDI 2022 jadi momentum LDII mengedukasi warganya memilah sampah untuk mengatasi persoalan lingkungan global. 

Instruksi tersebut ditunjukkan kepada DPW, DPD, PC, hingga PAC di seluruh Indonesia agar melaksanakan kegiatan bersih-bersih dengan melibatkan ponpes maupun sekolah di lingkungan masing-masing.

Dari sini, H. Herry bersyukur telah berhasil mengumpulkan para relawan pemilah sampah di lingkungan sekitar Ponpes Bairuha. “Nantinya sampah tersebut jadi bagian dari target 13 juta ton sampah yang dikumpulkan di seluruh Indonesia,” ungkap H. Herry.

Bukan hanya lingkungan LDII yang menjadi target pembersihan, namun juga area yang dibersihkan meliputi sekitar Ponpes Bairuha Jalan Guntur Damai, sekitar Apartemen Green Valley dan lingkungan RT 38 Kelurahan Gunung Sari Ulu, Kecamatan Balikpapan Tengah.

0 Komentar