LDII TURUT SERTA DALAM BERKAT KASIH SAYANG YANG DIGAGAS BPBD PAMEKASAN

 

LDII TURUT SERTA DALAM BERKAT KASIH SAYANG YANG DIGAGAS BPBD PAMEKASAN

Pamekasan (21/10). Sebagai bentuk kepedulian dan peran serta LDII terhadap lingkungan, pada hari jumat, (21/10/2022), DPD LDII Kabupaten Pamekasan turut serta bersama sama dengan semua elemen masyarakat mengikuti kegiatan bersih sungai yang diberi judul BERKAT KASIH SAYANG (Bersama Masyarakat Kali Bersih dan Saluran Tidak Tergenang) yang dilaksanakan oleh BPBD Kabupaten Pamekasan. Kegiatan ini tak lain sebagai upaya antisipasi resiko bencana banjir yang kerap terjadi di kabupaten pamekasan. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dalam memperingati Bulan Pengurangan Risiko Bencana yang ditetapkan oleh PBB sebagai Hari PRB Internasional atau International Day for Disaster Risk Reduction pada tanggal 13 Oktober setiap tahunnya.

Acara yang diprakarsai oleh BPBD Pamekasan ini dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Pamekasan dan diikuti oleh BPBD, satpol PP, kepolisian, TNI, pelajar, organisasi masyarakat termasuk diantaranya LDII dan warga pamekasan. Dalam sambutannya, Kalaksa BPBD Pamekasan, Amin Jabir menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Bupati Pamekasan, jajaran forkopimda kabupaten pamekasan, kepala Pengadilan Negeri Pamekasan, asisten dan staf ahli yang hadir, kepala organisasi perangkat daerah, Camat Pamekasan dan camat pademawu Kecamatan Pamekasan, keluarga besar TNI Polri, media, PLN, Taspen dan Pegadaian serta segenap relawan baik dari SMA pramuka dan elemen masyarakat yang turut serta bersama sama hadir dalam kegiatan ini.


LDII TURUT SERTA DALAM BERKAT KASIH SAYANG YANG DIGAGAS BPBD PAMEKASAN


“Apa yang dilakukan saat ini sesuai dengan arahan gubernur jawa timur, Khofifah Indar Parawansa agar setiap kabupaten kota di jawa timur melakukan mitigasi bencana.” terangnya. Dalam laporannya, Amir Jabir menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 1650 orang dengan titik sungai yang dibersihkan sepanjang 2650 meter. Kegiatan yang diberi tajuk Berkat Kasih Sayang ini merupakan bentuk antisipasi pemerintah kabupaten pamekasan khususnya dalam persoalan banjir dimana sudah terjadi beberapa kejadian banjir di beberapa wilayah di Jawa Timur.

RB Fattah Jasin selaku Wakil Bupati Pamekasan menuturkan, “Saya kira, upaya kita untuk menjaga bersama lingkungan ini membutuhkan kecepatan dan ketepatan. Pemerintah sudah menyiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi di musim penghujan ini,  maka saya berharap masyarakat supaya ikut ambil bagian dengan tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang menyebabkan banjir seperti  membuang sampah sembarangan termasuk di sungai.”

Lebih lanjut Fattah Jasin menuturkan bahwa kegiatan ini bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Pamekasan yang ke 492. Fattah Jasin berharap kejadian banjir yang terjadi di Pamekasan pada periode Maret 2022 tidak terjadi lagi.  Ia menjelaskan bahwa mengatasi banjir tidak sama dengan mengatasi situasi administratif  biasa dan masih banyak eksploitasi hutan di Indonesia yang mana hutan tidak difungsikan sebagaimana mestinya sebagai tempat konservasi alam


LDII TURUT SERTA DALAM BERKAT KASIH SAYANG YANG DIGAGAS BPBD PAMEKASAN


Di kesempatan yang sama di sela – sela aktivitas bersih kali, Ketua LDII Kabupaten Pamekasan Mohammad Bakir mengungkapkan, “ Kegiatan Berkat Kasih Sayang ini selaras dengan salah satu dari program LDII yaitu kesehatan herbal dan lingkungan. Ini menunjukkan bahwa LDII memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya”. Melalui kegiatan ini LDII bersama dengan semua elemen masyarakat berupaya mengurangi resiko bencana banjir utamanya saat memasuki musim penghujan.

Lebih lanjut M. Bakir mengatakan, “Dalam kegiatan ini ldii menurunkan sebanyak 20 orang dan semuanya sangat antusias dan saya berharap BPBD sebagai leading sector dalam penanganan bencana untuk menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin dengan harapan dapat mengurangi resiko bencana banjir di Kabupaten Pamekasan.” M.Bakir berpesan kepada seluruh warga ldii agar bisa menjadi pelopor dalam upaya meningkatkan kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan dimana itu semua bisa dimulai dengan hal yang sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan atau tidak membuang sampah di sungai. 


LDII TURUT SERTA DALAM BERKAT KASIH SAYANG YANG DIGAGAS BPBD PAMEKASAN


Selanjutnya, para peserta dan relawan yang mengikuti kegiatan ini bergerak menuju ke 12 titik pembersihan kali yang telah ditentukan. Adapun ldii berada di pos 11 bersama Satpol PP Pamekasan, Telkom, PLN, pelajar, Komunitas Disabilitas dan warga sekitar lokasi kegiatan.  Ldii yang hadir di lokasi tak lupa mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Pamekasan atas semangat dan antusiasme yang tinggi. (wiro/lines)

0 Komentar