Cara Masak Sayur Asem Nikmat dan Sedap

 

Cara Masak Sayur Asem Nikmat dan Sedap

Cara Masak Sayur Asem - Sayur asem, ya, namanya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Cita rasa yang beragam, asam, asin, manis dan pedas yang berbaur menjadi satu menjadikan makanan ini mempunyai ciri khas tersendiri. 

Berbagai cara dilakukakan masyarakat Indonesia dalam menikmati masakan yang satu ini, ada yang merasa nikmat jika makan sayur asem dibarengi dengan nasi hangat. Sebagian orang justru tidak perlu dengan menu pendamping, sayur asem sudah membuatnya dinikmati saat hangat, hmmmm segeeeer. 

Meski mempunyai cita rasa yang kompleks, cara masak sayur asem ternyata tidak sulit. Beberapa bahan yang perlu Anda siapkan cukup sederhana. Proses memasaknya pun tidak perlu lama, sangat cocok bagi Anda yang mempunyai jadwal yang padat. 

Untuk diketahui, selain cita rasanya yang enak, ternyata sayur asem memiliki segudang manfaat. Sayur asem mengandung zat besi, vitamin B1, dan fosfor yang dapat meningkatkan fungsi sel darah merah,

Selain itu, menurut situs halodoc, sayur asem dapat menjaga kekuatan tulang dan gigi serta menambah energi. Sebab, bahan-bahan yang termasuk kedalam hidangan vegetarian. Bagi Anda yang belim bisa masak, jangan khawatir, artikel akan membahas cara masak sayur asem ala rumahan.  


Cara masak sayur asem ala rumahan

Bahan

 50 gr kacang panjang

 30 gr melinjo

 15 gr daun melinjo

 75gr nangka muda/terong

 75gr pepaya muda

 75gr labu siam

 2 potong jagung manis

 1 lembar daun salam

 2 buah asam segar

 Secukupnya air bersih

 1 siung lengkuas, memarkan

 Secukupnya kaldu bubuk

 Secukupnya garam dan gula pasir

Bumbu Dihaluskan

 3 siung bawang merah

 3 siung

 2 siung bawang putih

 2 siung

 2 bh cabai merah keriting

 2 buah

Cara Membuat

 Rebus air hingga mendidih, masukkan bumbu halus, lengkuas, daun salam, asam segar, kaldu bubuk, garam dan gula pasir.

 Setelah mendidih masukkan kacang panjang, labu siam, melinjo, pepaya muda, nangka muda/ terong dan jagung, masak sebentar.

 Kemudian tambahkan daun melinjo, masak hingga matang. Angkat dan sajikan.

 Yuk coba cara masak sayur asem sendiri di rumah. Kalau bahan-bahan yang diperlukan masih kurang jangan khawatir, langsung pesan bahan-bahan sayuran, bumbu masak hingga paket masak sayur asem siap masak yang berkualitas di toko sembako atau pasar tradisional terdekat. Bahan-bahan cepat sampai dan tetap segar sampai di tangan Anda!

0 Komentar