Pesan Ketua Umum di Muswil LDII Gorontalo: Program Organisasi Harus Implementatif dan Membumi

muswil ldii gorontalo


Gorontalo (31/8). DPW LDII Gorontalo menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) V yang diadakan di Gedung Bele Limbui, Kota Gorontalo, pada Sabtu (27/8). PJ Gubernur Gorontalo yang diwakilkan Asisten III, Iswanta mengatakan organisasi kemasyarakatan tidak boleh lepas dari tugas dan tanggung jawabnya sebagai bagian integral dari komponen bangsa.

Menurutnya, saat ini Indonesia baru keluar dari hantaman berat pandemi Covid-19 dengan berbagai varian baru, meskipun belum sepenuhnya terbebas, bahkan masih ada peningkatan yang harus sama-sama diwaspadai dan dicegah.

“Di sinilah ruang kepedulian yang menjadi tanggung jawab kita bersama. Termasuk LDII yang baru saja melaksanakan bakti sosial berupa vaksinasi, pemeriksaan kesehatan mata gratis dan pemberian sembako serta sosialisasi pencegahan narkoba bersama-sama stakeholder terkait, yang dikemas dalam acara Pra Muswil mendahului kegiatan Muswil,” ujarnya.

Ia menuturkan, pemerintah mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berat. Tidak semuanya dapat diselesaikan tanpa adanya dukungan dan respon dari semua unsur. Maka diharapkan peran dan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat termasuk LDII dapat dioptimalkan.

“Jika sekiranya semua ormas, semua unsur dan segenap pihak ikut serta secara intens melakukan garapan sesuai bidang programnya, maka tidak mustahil apa yang menjadi visi dan misi pemerintah Provinsi Gorontalo tercapai dengan segera,” tambah dia.


muswil ldii gorontalo


Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo, Adnan Entengo mengatakan DPRD Provinsi Gorontalo sangat mengapresiasi pelaksanaan Muswil tersebut.

“Tentunya, kami DPRD sebagai tempat aspirasi masyarakat sangat mendukung hal ini dan akan selalu menjadi tempat penyaluran aspirasi dari LDII sebagai ormas yang ada di pusat maupun Provinsi Gorontalo,” ucap Adnan.

Adnan Entengo mengatakan muswil untuk mencanangkan program LDII dalam berkolaborasi dengan pemerintahan, khususnya DPRD. “Jadi yang kedua, kegiatan ini juga dapat menjadi evaluasi bagi LDII untuk bagaimana peran LDII dalam berkolaborasi dengan pemerintah untuk lebih baik lagi,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso mengatakan LDII Gorontalo harus berupaya menjalin sinergi dan kolaborasi dengan stakeholder terkait, “Untuk bagaimana menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di Gorontalo,” ujarnya.

Menurutnya, LDII memiliki delapan bidang pengabdian prioritas yang dapat disinergikan dengan pemerintah. Ia berharap, Muswil kali ini dapat menghasilkan program-program yang implementatif. “Semoga pada Muswil ini, memilih pengurus yang mampu bekerja keras dan cepat. Kedepannya, diharapkan program-program yang dihasilkan harus implementatif, membumi, tidak muluk-muluk, dapat memberikan program yang sesuai dengan kebutuhan atau kondisi Gorontalo saat ini,” tutupnya.

Muswil bertajuk “Optimalisasi peran dan tanggung jawab LDII di tengah suasana keumatan dan kebangsaan untuk Gorontalo yang maju dan mandiri” memilih kembali Yusuf Danial sebagai Ketua DPW LDII Gorontalo periode 2022-2027 dan Budi Santoso terpilih sebagai Sekretaris.

Perhelatan lima tahunan itu dihadiri sejumlah pejabat daerah dan pimpinan ormas, di antaranya, Anggota DPRD Komisi II Indriani Dunda, Anggota DPRD Komisi IV H. Adnan Entengo, Ketua FKDM Gorontalo sekaligus Ketua Dewan Adat Provinsi Gorontalo, Abdullah Paneo, Kesbangpol Provinsi Gorontalo sekaligus Kasubbid Organisasi Sosial, Moh. Rizal Tohopi.

0 Komentar