Contoh Doa Setelah Pemakaman Jenazah

Doa Setelah Pemakaman Jenazah

DO’A SETELAH PEMAKAMAN JENAZAH

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ آمَنُوْا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَحِيْمٌ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِناَتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ. اللَّهُمَّ نَوِّرْ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ قُبُوْرَهُمْ وَاغْفِرْ لِلْأَحْيَاءِ وَيَسِّرْلَهُمْ أُمُوْرَهُمْ. اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ. اللَّهُمَّ هٰذاَ عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدُكَ خَرَجَ مِنْ رُوْحِ الدُّنْياَ وَسَعَتِهَا وَمَحْبُوْبُهُ وَأَحِبَّاؤُهُ فِيْهَا إِلَى ظُلْمَةِ الْقَبْرِ وَمَا هُوَ لاَقِيْهِ كاَنَ يَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُوْلُكَ وَأَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ. اللَّهُمَّ إِنَّهُ نَزَلَ بِكَ وَأَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهِ وَأَصْبَحَ فَقِيْرًا إِلَى رَحْمَتِكَ وَأَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهِ وَقَدْ جِئْنَاكَ رَاغِبِيْنَ إِلَيْكَ شُفَعَاءَ لَهُ. اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ مُحْسِنًا فَزِدْ فِيْ إِحْسَانِهِ وَإِنْ كَانَ مَسِيْئئًا فَتَجَاوَزْ عَنْهُ وَلَقِّهِ بِرَحْمَتِكَ رِضَاكَ وَقِهِ فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابَهُ. وَافْسَحْ لَهُ فِى قَبْرِهِ وَجَافِ اْلأَرْضَ عَنْ جَنْبَيْهِ وَلَقِّهِ بِرَحْمَتِكَ اْلأَمْنَ مِنْ عَذاَبِكَ حَتَّى تَبْعَثَهُ إِلَى جَنَّتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَصَغِيْرِنَا وَكَبِيْرِنَا وَذَكَرِنَا وَأُنْثَانَا وَِِشَاهِدِنَا وَغَائِِبِنَا. اللَّهُمَّ مَنْ أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى اْلإِيْمَانِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلإِسْلاَمِ. اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تُضِلَّنَا بَعْدَهُ.

JIKA YANG MATI ANAK KECIL DI TAMBAHI

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ لِوَالِدَيْهِ فَرَطًا وَاجْعَلْهُ لَهُمَا سَلَفًا وَاجْعَلْهُ لَهُمَا ذُخْرًا وَثَقِّلْ بِهِ مَوَازِيْنَهُمَا وَأَفْرِغِ الصَّبْرَ عَلَى قُلُوْبِهِمَا وَلاَ تَفْتِنْهُمَا بَعْدَهُ وَلاَ تَحْرِمْهُمَا أَجْرَهُ .

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَارْضَ عَنَّا وَتَقَبَّلْ مِنَّا وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ وَنَجِّنَا مِنَ النَّارِ وَأَصْلِحْ لَنَا شَأْنَنَا كُلَّهُ. اللَّهُمَّ زِدْنَا وَلاَ تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلاَتُهِنَّا وَأَعْطِنَا وَلاَ تَحْرِمْنَا وَآثِرْنَا وَلاَ تُؤْثِرْ عَلَيْنَا. اللَّهُمَّ أَحْيِنَا مُسْلِمِيْنَ وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِيْنَ غَيْرَ خَزَايَا وَلاَ مَفْتُوْنِيْنَ. اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْفَوْزَ يَوْمَ الْقَضَاءِ وَعَيْشَ السُّعَدَاءِ وَمَنْزِلَ الشُّهَدَاءِ وَمُرَفَقَةَ اْلأَنْبِيَاءِ وَالنَّصْرَ عَلَى اْلأَعْدَاءِ. اللَّهُمَّ أَحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِيْ اْلأُمُوْرِ كُلِّهَا وَأَجِرْنَا مِنْ خِزْيِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ اْلآخِرَةِ سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ لاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ مَاشَاءَ اللهُ كاَنَ وَمَا لَمْ يَشَأْ لَمْ يَكُنْ نَعْلَمُ أَنَّ اللهَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ. وَأَنَّ اللهُ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْئٍ عِلْمَا. اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْئَلُكَ عِيْشَةً نَقِيَّةً وَمِيْتَةً سَوِيَّةً وَمَرَدًّا غَيْرَ مَخْذُوْلٍ فَاضِحٍ. رَبَّنَا آتِنَا فِىالدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.


Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam, Ya Allah berikanlah rahmat pada Nabi Muhammad dan pada keluarganya Nabi Muhammad.

Ya Allah ampunilah kami, dan pada saudara kami yaitu orang orang yang mendahului kami dalam keimanan, dan janganlah engkau jadikan rasa unek unek jelek pada orang orang yang beriman, Ya Allah sesungguhnya engkau sangat penyayang lagi maha pengasih.

Ya Allah ampunilah orang islam laki-laki, orang islam perempuan, orang iman laki-laki, orang iman perempuan baik yang masih hidup maupun yang sudah mati.

Ya Allah terangilah para penghuni kuburan, dan ampunilah orang yang masih hidup dari kami, dan mudahkanlah kami dalam perkara.

Ya Allah anpunilah dia jenazah, kasihanilah dia, selamatkanlah dia, ampunilah dosanya, muliyakanlah tempatnya, luaskanlah tempat masuknya, basuhlah dia dengan air, salju, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan, seperti bersihnya pakaian yang putih dari kotoran, gantikanlah dia rumah yang lebih baik, keluarga yang lebih baik, pasangan yang lebih baik, masukanlah dia kedalam surga dan jagalah dia dari siksa kubur atau siksa neraka.

Ya Allah ini jenazah adalah hamba engkau, Dan anaknya hamba engkau, Jenazah ini keluar dari kesenangan dunia, kekuasaan dunia, kesenangannya, kekasihnya, dan menuju kegelapan kuburan, jenazah ini dulu berkumpul dengan apa yang di jumpai sebelum di alam kubur, Jenazah ini menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain engkau Allah dan Nabi Muhammad adalah hambamu dan utusan engkau, Dan engkau juga tau atas keadaannya jenazah.

Ya Allah sesungguhnya jenazah ini bertempat di tempatmu, Dan engkau tau dimana tempat yang baik, Setiap pagi kami berharap Rahmadmu, dan berlindung dari siksamu, kami dating kepadamu Allah dengan senang dan memintakan syafaat untuk jenazah, Ya Allah jika Jenazah ini baik, Maka tambahkan kebaikannya, Dan jika Jelek, maka hapuslah kejelekannya, Dan berilah kepada Jenazah ini rohmad dan ridhomu serta lindungilah dari fitnahya kubur dan siksanya.

Ya Allah luaskanlah kuburannya dan longgarkanlah bumi untuk lampungnya mayit, serta berikanlah dia rahmad dan ketenangan agar terhindar dari siksamu, sehingga engkau membangunkannya untuk menuju surgamu Wahai Dzat yang saying dan sebaik baiknya yang saying, Ya Allah ampunilah orang yang masih hidup dan yang sudah mati dari kami, anak kecil kami, orang besar kami, orang laki-laki dan perempuan kami, orang yang menyaksikan dan tidak dating dari kami.

Ya Allah orang yang engkau hidupkan semoga di berikan kehidupan atas keimanan, Dan matikanlah dalam keadaan mati dengan islam/ pasrah. Ya Allah jangan engkau haling halangi pahala bagi kami dan jangan aniaya pada kami setelah itu.

Ya Allah jadikanlah anak tersebut terhadap orang tuanya sebagai simpanan, dan jadikanlah untuk kedua orang tuanya sebagai pendahuluan untuk masuk surgamu, Dan jadikanlah sebagai simpanan pahala serta bias memberatkan timabangan amal di akherat, Dan berikanlah kesabaran bagi kedua orang tuanya mayit setelah di tinggalkan, dan jangan engkau halang halangi pahalanya.

Ya Allah ampunilah kami, Kasihanilah kami, Cintailah kami, Terimalah amalan kami, masukanlah kami kedalam surga, selamatkanlah kami dari neraka, dan bagusilah kami dalam prilaku.

Ya Allah tambahkanlah kami dalam kebarokahan, dan jangan engkau kurangi, muliyakanlah kami,dan jangan hinakan kami, berikanlah kami pahala dan jangan engkau halangi, berikanlah kami pilihan dan jangan engkau biarkan kami sehingga berat bagi kami.

Ya Allah hidupkanlah kami dalam islam, Matikanlah kami keadaan islam tanpa hina dan orang yang di rusak.

Ya Allah sesungguhnya kami minta keberuntungan di hari penghukuman, penghidupan yang menguntungkan, tempat yang menjadikan mati syahid, temannya para Nabi dan pertolongan mengalahkan para musuh.

Ya Allah bagusilah akhir perkaraku semuanya, baik dari susahnya dunia, dan siksa akherat.

Maha suci Allah dengan memujinya, tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah, Apa apa yang di kehendaki Allah pasti terwujud, sebaliknya apa apa yang tidak di kehendaki Allah, Maka tidak akan terwujud, Kami mengetahui sesungguhnya Allah kuasa terhadap segala sesuatu.

Dan sesungguhnya Allah menguasai segala sesuatu dengan ilmunya, Ya Allah sesungguhnya kami minta kepadamu pada pengihidupan yang bersih, mati yang sempurna, tempat kembali tanpa hinaan dan di permalukan.

Ya Allah berikanlah kami baiknya di dunia maupun di akherat, dan jagalah kami dari siksa neraka. Ya Allah berikanlah rahmad pada Nabi Muhammad dan atas keluarganya Nabi Muhammad, Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam.

1 Komentar