Aneka Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Jahe untuk Kesehatan


Kunyit merupakan tanaman rempah sekaligus tanaman obat bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Sebagian besar masyarakat mengenalnya sebagai bumbu dapur. Tanaman itu tumbuh subur dan liar di sekitar hutan atau pun bekas kebun. Ada yang menyebut, kunyit berasal dari India, ada juga yang mengatakan berasal dari Binar pada ketinggian 1300-1600 mdpl.

Di Indonesia, ada istilah apotek hidup, yaitu pemanfaatan lahan yang ditanami tanaman obat-obatan herbal untuk keperluan sehari-hari. Sepeti lengkuas, temulawak, jahe, kunyit dan masih banyak lagi. Salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan, seperti mencegah kanker dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, masih ada banyak manfaat kunyit untuk kesehatan. Sebab pada rimpang kunyit mengandung kurkumin. 

Apakah Anda tahu kandungan nutrisi yang ada di dalam kunyit? Berikut kandungan nutrisi dalam 100 gram kunyit:

  • 10 gram protein
  • 168 miligram kalsium
  • 208 miligram magnesium
  • 299 miligram fosfor
  • 2 gram kalium
  • 1 miligram vitamin C
  • 55 miligram zat besi

Tak hanya beberapa nutrisi di atas, kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


Lalu, pertanyaannya adalah apakah manfaat kunyit bagi kesehatan? Bagi Anda yang lebih memilih pengobatan herbal dibandingkan mengkonsumsi obat medis perlu mengetahui manfaat kunyit bagi kesehatan berikut ini:  

1. Mengatasi masalah kulit

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang pertama adalah mengatasi masalah kulit. Hal itu karena sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, kunyit dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kulit, seperti penuaan dini, jerawat, psoriasis dan eksim. 

Selain itu, masih ada beberapa manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan, seperti menurunkan kolesterol jahat, mencegah penyakit Alzheimer, mencegah penyakit diabetes, menjaga kesehatan mata dan meringankan gejala asam urat. 

Selain itu, kunyit diklaim dapat digunakan sebagai obat usus buntu. Eits, jangan percaya dulu, sebab hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah secara medis yang membenarkannya. Masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna memastikan efektivitasnya bagi kesehatan tubuh.


2. Mengurangi nyeri penderita osteoarthritis

Selanjutnya, manfaat kunyit untuk kesehatan adalah mengurangi nyeri penderita osteoarthritis. Seperti diketahui, osteoarthritis adalah penyakit yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan kelenturannya. 

Berdasarkan Beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak kunyit dapat digunakan sebagai obat rematik alami bisa mengurangi rasa nyeri, karena kunyit memiliki efek yang sebanding dengan ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis. Meski begitu, Anda harus konsultasi kepada dokter untuk mengetahui dosisnya. 


3. Mengurangi depresi

Kunyit terbukti secara klinis dapat mengurangi depresi. Dinukil dari Healthline, banyak studi mengatakan bahwa kunyit mampu mengurangi depresi pada kasus ringan. Beberapa pasien dengan gangguan depresi mayor, mengonsumsi kurkumin sama halnya mengonsumsi antidepresan seperti Prozac.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan zat aktif kurkumin pada kunyit memiliki potensi memperbaiki sejumlah kondisi kesehatan. Salah satunya adalah depresi, baik depresi ringan maupun gangguan depresi berat. 

Antioksidan seperti kurkumin dipercaya dapat membasmi radikal bebas yang menimbulkan peradangan pada tubuh. Selain itu, Antioksidan pada kunyit juga bekerja dengan mengurangi stres oksidatif yang juga dapat mengurangi peradangan.

Efek antioksidan dan antiinflamasi dari kurkumin dapat memulihkan neurotransmiter dan melindungi otak. Hal tersebut dapat mengarah pada perbaikan suasana hati yang lebih baik.


4. Mencegah penyakit jantung

Berdasarkan data, penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit jantung ternyata dapat dicegah dengan banyak mengonsumsi kunyit karena mengandung kurkumin yang mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

Selain itu, antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung di dalam kunyit berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas kunyit dalam menurunkan risiko penyakit jantung.


5. Menjadikan Awet Muda

Manfaat kunyit untuk kesehatan berikutnya adalah menjadikan awet muda. Hal itu disebabkan komponen antioksidan yang bernama kurkuminoid pada kunyit memiliki kasiat yang luar biasa. 

Pasalnya, kurkumin dapat menghancurkan radikal bebas, memfasilitasi aktivitas enzim, sehingga dapat memperlambat proses penuaan. Selain itu, antioksidan tersebut juga dapat berperan untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, mengurangi stres oksidatif dan melawan peradangan.


6. Meredakan rasa gatal pada kulit

Berdasarakan penelitian, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang terkandung di senyawa kurkumin. Hal itu yang dipercaya dapat mengobati berbagai gangguan kulit seperti gatal dan eksim. Selain itu,  kunyit dapat meredakan gatal pada kulit yang disebabkan oleh penyakit ginjal kronis.

Meski begitu, sedikitnya penelitian terkait kunyit menyebabkan tanaman itu kurang populer sebagai obat-obatan herbal untuk mengatasi gangguan pada kulit.

Anda bisa mengonsumsi kunyit 3 kali sehari selama 8 minggu, dengan mengombinasikan produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam guna meredakan rasa gatal ini.


7. Meringankan gangguan saat menstruasi

Bagi kaum hawa yang mempunyai gangguan saat menstruasi, kurkumin pada kunyit dipercaya mampu meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Manfaat berikutnya, kunyit juga diketahui mampu meredakan kram yang umum dialami wanita selama menstruasi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya dan membuktikan secara klinis.


8. Mengatasi gangguan saluran pencernaan

Kurkumin yang terkandung di dalam kunyit terbukti efektif dalam mengatasi berbagai gangguan saluran pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), dispepsia, tukak lambung, dan pankreatitis.

Selain itu, kunyit yang mengandung kurkumin juga sering dijadikan sebagai salah satu alternatif obat penambah nafsu makan.


9. Mencegah kanker

Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran sel kanker. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas kunyit dalam mencegah penyakit kanker.


10. Melindungi organ hati

Kunyit juga membantu melindungi dan menjaga kesehatan organ hati. Potensi khasiat kunyit pada organ hati dan empedu termasuk membantu meningkatkan produksi cairan empedu pada pencernaan, sekaligus membantu melindungi sel pada organ hati dari risiko kerusakan akibat paparan senyawa kimia yang berkaitan dengan empedu. 


Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan. Namun, selain memiliki manfaat yang luar biasa, ternyata kunyit juga memiliki efek samping. Apa saja efek sampinya?

Berikut beberapa efek samping yang disebabkan mengonsumsi kunyit

Meski belum ada penelitian yang menemukan adanya efek samping dari penggunaan kunyit pada dosis rendah. Namun, studi  mencatat bahwa tidak terjadi efek samping pada orang yang mengonsumsi kunyit 490 mg per hari selama seminggu.


Walau demikian, konsumsi kunyit yang berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Ada beberapa efek samping yang dapat timbul bila kunyit dikonsumsi secara berlebihan, seperti:

  • Gangguan pencernaan, seperti perut kembung, penyakit asam lambung, dan diare
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Ruam pada kulit
  • Risiko terkena kanker usus dan kanker hati

Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh memang cukup banyak. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Hindari konsumsi kunyit secara berlebihan, baik dalam bentuk segar maupun suplemen.

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen kunyit, pilihlah suplemen yang sudah terdaftar di BPOM untuk memastikan keamanannya.

Bila Anda ingin mengonsumsi kunyit sebagai pendamping pengobatan penyakit tertentu, terutama kunyit dalam bentuk suplemen, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter guna mencegah terjadinya interaksi obat atau munculnya efek samping. Dengan demikian, manfaat kunyit pun dapat Anda peroleh secara maksimal. kihutimes.com

0 Komentar