Kukuhkan Pengurus LDII Probolinggo, Amrodji : Warga LDII Patuh dan Tunduk Terhadap Pemerintah dan UUD 1945

LDII Patuh dan Tunduk Terhadap Pemerintah dan UUD 1945


Probolinggo, LDII. Ketua DPW LDII Jawa Timur KH Moch Amrodji Konawi mengukuhkan pengurus DPD LDII Kabupaten Probolinggo masa bakti 2021-2026, Rabu (16/3). Ia mengatakan LDII mengedepankan kebangsaan, yakni menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Bangsa Indonesia adalah negara yang majemuk terdiri dari berbagai suku, agama dan budaya. Di pulau Jawa saja, sedikitnya ada tujuh suku dan bahasa berbeda-beda, ” ujar Amrodji dalam pidatonya.

Untuk itu LDII berkomitmen bahwa kebangsaan adalah prioritas utama di dalam delapan program LDII. Amrodji menegaskan, meskipun LDII organisasi keagamaan, namun pihaknya tidak mengambil keagamaan menjadi prioritas utama, melainkan kebangsaan. “Sebab, kami umat Islam yang tinggal di Indonesia,” ujar Amrodji.

Delapan program LDII tersebut yaitu kebangsaan, keagamaan, ekonomi syariah, pendidikan karakter, kesehatan herbal, ketahanan pangan dan lingkungan, teknologi informasi, dan energi baru terbarukan.

Amrodji juga mengimbau warga LDII sebagai warga negara Indonesia (WNI) agar patuh dan tunduk terhadap pemerintah dan UUD 1945. Ia pun mendorong DPD LDII Kabupaten Probolinggo agar bisa bekerja optimal dalam di dalam urusan kebangsaan.

“Di pengajian rutin, sesekali LDII mengundang dari pihak TNI dan Polri untuk mengisi wawasan kebangsaan dan kamtibmas. Begitu pula di Pondok Pesantren di dalam naungan LDII menerapkan hal yang sama. Hal tersebut dalam rangka menanamkan jiwa kebangsaan dan nasionalis pada generasi muda sejak dini,” ujar Amrodji.

Ia pun berharap DPD LDII Kabupaten Probolinggo dapat menjalin ukhuwah Islamiyah bersama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, serta ormas Islam yang lain. Selain itu, DPD LDII Kabupaten Probolinggo aktif menjalin komunikasi dengan organisasi keagamaan lintas agama melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Sementara itu, Ketua DPD LDII Kabupaten Probolinggo H Suparto, mengatakan usai dikukuhkan dan dilantik ia akan mengagendakan silaturahim ke Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Probolinggo dalam rangka menjalin ukhuwah Islamiyah.

“Kami rencananya juga akan beraudiensi dengan Bupati dan Forkopimda untuk menyampaikan hasil keputusan Musda, sekaligus memperkenalkan jajaran kepengurusan masa bakti 2021-2026,“ ujarnya.

Suparto menambahkan, DPD LDII Kabupaten Probolinggo dalam program kerjanya juga tak lepas dari pembinaan generasi muda untuk mewujudkan sumber daya manusia profesional religius. Pembinaan tentunya dibarengi dengan wawasan kebangsaan pada generasi muda. Hal itu, sesuai intruksi DPP dan DPW LDII.

Untuk diketahui, H Suparto terpilih sebagai Ketua DPD LDII Kabupaten Probolinggo melalui hasil keputusan Musyawarah Daerah (Musda) LDII Kabupaten Probolinggo pada 6 Desember lalu.

0 Komentar