Silaturrahim ke MUI, LDII DIY Bertemu dengan Dubes Luar Biasa Arab Saudi

LDII DIY Bertemu dengan Dubes Luar Biasa Arab Saudi


Yogyakarta (24/5) – Pengurus DPW LDII DIY berkesempatan silaturahim dengan Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi merangkap Organisasi Kerjasama Islam berkedudukan di Riyadh, Drs. H. Agus Maftuh Abegebriel, M.Ag. 

Pertemuan dengan Duta Besar Agus Maftuh terjadi saat pengurus DPW LDII DIY yang dipimpin Ketua Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D. bersilaturahim ke kediaman Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI DIY Dr. KH. A. Malik Madaniy, M.A., Jumat (13/5/2022). 

Silaturahim pengurus DPW LDII DIY ke kediaman Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI DIY KH. Malik Madaniy yang pada kesempatan itu hadir Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh. Silaturahim berjalan hangat dan akrab yang diisi dengan obrolan santai. Agus Maftuh yang dilantik Presiden Joko Widodo pada 13 Januari 2016 ini banyak bercerita ketika ia menjabat Dubes RI untuk Arab Saudi. 

Agus telah mengenal pula LDII sejak organisasi ini bernama LEMKARI dan berkegiatan salah satunya di Kediri. Diketahui, Agus Maftuh Abegebriel merupakan pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 20 Juni 1966. Sebelum menjabat sebagai Duta Besar, Agus Maftuh telah mengabdi selama 27 tahun di Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai Dosen Hukum Tata Negara. Memiliki latar belakang seorang santri, Agus Maftuh pernah mengenyam pendidikan di PP Futuhiyyah Mranggen, Demak. 

Selama di UIN Sunan Kalijaga, ia juga menempuh pendidikan Diplomasi dan Politik Luar Negeri, serta Studi Keamanan dan Pertahanan. Capaian luar biasa Agus sangatlah banyak selama bertugas di Kerajaan Saudi Arabia. Hal ini terungkap selama perbincangan hingga malam hari. Nampak Atus merespon dengan sangat antusias dan memperoleh banyak pengalaman baru dan strategi diplomasi yang unik ala santri pondok pesantren. 

Di sela perbincangan itu, Atus mengucapkan terima kasih kepada KH. Malik Madaniy yang telah memberi kesempatan untuk bersilaturahim. “Kedua, kami pun berterima kasih karena diberikan kesempatan kembali menjadi bagian dari pengurus MUI DIY 2022-2027,” katanya. Turut menerima silaturahim, istri Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI DIY Hj. Luthvia Dewi Malik Madaniy yang juga Ketua PW Muslimat NU DIY. LDII, kata Atus, memiliki Biro Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga (PPPK), “Kami berencana pula bersilaturahim ke PW Muslimat NU DIY untuk menimba pengalaman tentang pemberdayaan keluarga. Keluarga pun agar semakin terbina dan sejahtera,” imbuhnya. 

Sementara itu, KH. Malik Madaniy mengapresiasi dan berterima kasih atas silaturahim jajaran pengurus DPW LDII DIY. Pihaknya menyambut baik rencana silaturahim pengurus LDII ke PWNU. Sebelum didapuk sebagai Ketua DPW LDII DIY, Atus pernah diamanati sebagai Presidium Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang, Dewan Shura Muslim Student Association in Japan (MSAJ) dan Deputi Pusat Kajian (PUSKAJI) PPI Dunia. Turut mendampingi Atus, Sekretaris Dewan Penasehat Dr. H. Wahyudi, MS., Ketua Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D., Anggota Biro Pendidikan Keagamaan dan Dakwah Endri Sulistyo dan Anggota Komisi Ekonomi dan Bina Kesejahteraan Umat MUI DIY Drs. H. R. Surono yang juga warga LDII.


0 Komentar