Rakor LDII Sumbar, Ketua DPD Padang : Perlu untuk Samakan Persepsi

ldii sumbar


SUMBAR, LDII (3/3). Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Padang gelar konsolidasi organisasi bersama Pimpinan Cabang (PC) LDII Kecamatan dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) LDII Kelurahan se kota Padang pada Sabtu, 3 Maret 2022.

Dewan Penasihat DPD LDII Kota Padang Ir. H. Agita Tjandra Dt. Sadeo, M.Sc., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta konsolidasi yang telah hadir. Ia mengatakan bahwa konsolidasi ini perlu dilaksanakan pasca dilantiknya pengurus PC dan PAC se kota Padang beberapa waktu lalu.

“Secara harfiah konsolidasi bermakna menggabungkan beberapa hal menjadi satu. Apapun konteksnya, mengkonsolidasikan berarti menyatukan beberapa hal yang besar dan terpisah menjadi sebuah kesatuan,” ujarnya.

Ia juga berharap bahwa konsolidasi ini hendaknya menghasilkan pemikiran, ide, atau gagasan yang memberikan dampak langsung kepada masyarakat di akar rumput.

“Selamat berkonsolidasi kepada seluruh pengurus yang hadir, besar harapan saya kita dapat bermusyawarah dan menghasilkan gagasan yang baik untuk organisasi khususnya dan masyarakat umum,” tambah Agita.

Gelaran kegiatan ini dilanjutkan dengan pembekalan organisasi oleh wakil ketua DPW LDII Provinsi Sumatera Barat H. Afrizal Yaman, ia menceritakan bagaimana ide dan gagasan yang telah tertuang melalui hasil munas dan rakernas LDII perlu diimplementasikan hingga ke tingkat PC dan PAC.

“Dari delapan poin pengabdian LDII untuk bangsa, kita ambil contoh pendidikan umum, peran LDII untuk melahirkan generasi Profesional Religius dimanifestasikan menjadi satuan pendidikan seperti pondok pesantren, boarding school, dan sekolah-sekolah,” ucapnya.

Selain itu, Afrizal juga mencotohkan bagaimana hal sederhana pun dapat menjadi program pengabdian yang bernilai tinggi di masyarakat, misalkan bidang pertanian dan lingkungan hidup.

“Saya tidak mengatakan kita harus menanam pohon dalam jumlah yang besar ataupun menanam bibit unggul dengan riset yang mendalam, tapi cukup dengan bergotong royong, menanam dua pohon di pekarangan rumah atau apotik hidup juga merupakan sebuah kontribusi nyata,” ujarnya.

Pada waktu yang lain, Ketua DPD LDII Kota Padang H. Ahmad Nasir menyampaikan, kegiatan ini diperlukan untuk menyamakan presepsi dan gagasan agar gerak DPD maupun PC dan PAC di kota Padang dapat seirama.

“Sebentar lagi kita akan menghadapi bulan suci Ramadhan, setidaknya beberapa agenda dapat kita lakukan bersama, apakah itu berbagi ta’jil, membersihkan lingkungan, dakwah dibulan Ramadhan dan sosialisasi 5 sukses Ramadhan,” pungkasnya.

Acara yang berlangsung di Masjid Miftahul Huda Koto Panjang Ikua Koto itu diikuti oleh lima PC dan empat PAC, dengan kehadiran peserta sebanyak 39 orang, mengusung tema “Penguatan SDM Profesional Religius Wujudkan Kota Padang Unggul dan Berdaya Saing”. (RNK/LINES)

0 Komentar