Berawal dari Terpaksa Jadi Petani, Sidik Milenial LDII Sukses Budidaya Cabai Keriting

 ldii melawai kalbar

MELAWI, LDII - Sidiq Saka Brata, petani milenial binaan LDII Kabupaten Melawi sukses melakukan budidaya tanaman hortikultura cabai keriting di Desa Batu Nanta Melawi.

Kendati usianya masih muda, kesuksesan dalam bertanam di lahan gambut menjadikan dirinya dipercaya sebagai Ketua Kelompok Tani Permata Mawang.

"Sekarang kami tengah budidaya cabai keriting. Alhamdulillah tiap panen mencapai 55 kilogram," ujar Sidiq kepada sejumlah awak media, Kamis 17 Maret 2022.

Dijelaskannya, lahan yang dimanfatkan awalnya sangat tidak produktif karena gambut yang cukup dalam. "Lahan disini awalnya cukup gersang karena memang gambut. Tetapi saya bersyukur dididik oleh orang tua untuk menjadi petani," ungkap dia.

Dulu dirinya digaji oleh orang tua untuk membantu mengelola lahan pertanian. "Saya sedikit dipaksa orang tua untuk menjadi petani. Karena dibayar dengan upah yang relatif besar, pada akhirnya sekarang jadi petani sungguhan," lanjut Sidiq.

Sebagai petani, dirinya juga mengajak kepada warga untuk ikut jejaknya  termasuk mengolah lahan tanpa bakar. "Saya sering sampaikan kepada warga di sini untuk tidak mengolah lahan dengan cara bakar.  Cukup ditekuni dan ada pemupukan secara organik maka akan menjadi lahan subur," jelas dia.

Sedangkan Ketua DPD LDII Kabupaten Melawi, Mardiyanto mengaku bangga dengan sosok Sidiq yang bisa menjadi inspirasi. "Sidiq bisa menjadi teladan dan inspirasi bagi para generasi muda, bahwa ketekunan dapat membuahkan hasil yang maksimal," jelasnya.

Secara organisasi, dijelaskannya LDII memiliki program untuk mendorong peningkatan di sektor pangan. "LDII terus menggerakkan pangan, maka sebagai ketua saya sangat terima kasih," kata dia.

Jika sebelumnya ada petani yang berhasil bernama Taswadi, dan sekarang diapresiasi pemerintah untuk menjadi Penyuluh Swadaya. "Semoga Sidiq menjadi penyuluh juga, tetapi bagi kaum milenial," ujar Mardiyanto

Post a Comment

Previous Post Next Post