Liburan, Kunjungi Tempat Wisata di Sampit yuk!

 

Pernah merasakan diri tidak seperti biasanya ? Merasa bersemangat diawal, tak lama kemudian merasa marah atau kecewa tanpa alasan yang jelas. Waspada ya, hal ini bisa saja diakibatkan oleh tubuh yang kelelahan. Saat tubuh membutuhkan istirahat, ia akan memberikan sinyal ke otak yang akhirnya dapat mempengaruhi perasaan seseorang saat itu.

Menurut para ahli, waktu istirahat atau tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah 7-9 jam. Memiliki pola tidur yang teratur dan konsisten sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Kelelahan tubuh juga bisa disebabkan oleh aktifitas fisik berlebihan. Sibuk dengan pekerjaan baik, namun tetap perhatikan saat kapan tubuh harus istirahat. Jangan biarkan diri terjebak dalam kesibukan dan kelelahan berlebihan, hal ini dapat membuat pikiran stress.

Baca juga : LDII Sampit Piknik Akhir Tahun

Selain tidur cukup, sahabat LDII Sampit juga dapat meluangkan waktu menjadikannya sebagai quality time yaitu  memberikan perhatian penuh kepada orang-orang yang disayangi, seperti pasangan, keluarga, atau sahabat, tanpa adanya gangguan dari hal lain pada saat yang bersamaan.

Nah, mumpung akhir tahun dan libur juga, yuk sempatkan berwisata atau piknik ke tempat-tempat yang sahabat suka. Tidak harus jauh keluar kota, banyak lho di Sampit Kotawaringin Timur destinasi wisata asyik untuk refreshing bersama keluarga. 

Berikut beberapa diantara target lokasi wisata di Sampit dan sekitarnya :


1. PANTAI UJUNG PANDARAN

Terletak di selatan Kabupaten Kotawaringin Timur, kurang lebih 80 kilometer dari pusat kota Sampit. Pantai UJUNG PANDARAN menjadi salah satu destinasti wisata yang layak dikunjungi. Hamparan pasir putih membentang dari muara Teluk Sampit hingga lebih dari 5 kilometer ke arah Kuala Pembuang dengan panorama lautan mengarah ke Laut Jawa. Pemandangan akan nampak makin eksotis saat anda berada di pagi hari menyongsong terbitnya matahari.

Baca juga : Pantai Ujung Pandaran (ldiisampit.or.id)


pantai ujung pandaran



Selain rumah singgah yang disediakan oleh pemerintah daerah Kowaringin Timur, beberapa mess atau vila yang dikelola oleh swasta maupun perorangan banyak dijumpai disana. Sewa kamar inap dengan fasilitas ruang ukuran 3x4 bertarif dikisaran harga 300 - 500 ribu per malam.
Kebanyakan pengunjung menghabiskan waktu mereka dari pagi hingga siang dengan bermain air di tepi pantai. Dan apabila anda berkeinginan untuk berada lebih jauh ke tengah laut sambil menguji nyali, silakan menyewa motor boat yang disediakan

Diujung timur berbatas muara teluk Sampit, terdapat pemukiman penduduk lokal yang rata - rata bermata pencaharian nelayan. Hilir mudik perahu nampak terlihat di saat para nelayan bersiap melaut mencari penghidupan ikan di laut.


2.  SAMPIT WATERPARK

Terletak di jalan Wengga Agung, kecamatan Baamang, sekitar 5 kilometer dari pusat kota. Sampit Water Park merupakan tempat wisata di dalam kota Sampit yang layak dikunjungi.


sampit waterpark


Waterpark adalah satu bentuk wahana rekreasi berbasis air dengan memanfaatkan pola aplikasi Engineered Water Pleasure. Disini Sahabat LDII dapat bermain air, seperti seluncuran air (water slide), bantalan air (splash pad), spraygrounds (area main air sembur), kolam arus / sungai malas (Lazy River), atau mandi rekreasi lainnya, berenang, dan lingkungan barefooting, kolam gelombang / kolam ombak (Wave Pool).

Baca juga : Akhir Tahun, LDII PAC Baamang Barat Helat Wisata Keluarga (ldiisampit.or.id)

Tiket masuk rata-rata Rp. 35.000 atau bisa berubah pada hari-hari tertentu.


3. IKON JELAWAT

Ikon Jelawat menjadi destinasi wisata yang paling banyak diminati warga Sampit. Selain free charge, juga karena memang terletak di tengah kota. Ada tugu berupa patung seekor ikan jelawat besar.


ikon jelawat


Sahabat LDII dapat menikmati pemandangan indah di tepi sungai Mentaya bersama keluarga. Selain terjaga kebersihan dan kerapiannya, tempat ini juga ramah anak, tersedia area cukup luas berlantai keramik. Anak-anak leluasa bermain kejar-kejaran, atau berselancar dengan sepatu roda.


4. WISATA KELOTOK HIAS

Masih berada di sekitar ikon jelawat, Sahabat LDII dapat menyewa kelotok hias disini. Harga dipatok dikisaran 50 - 100 ribu per trip pulang pergi, tergantung jarak.


wisata kelotok hias

 

Menyusuri pinggiran sungai Mentaya menikmati pemandangan air. Selama perjalanan, sahabat dapat menyaksikan aktifitas warga yang tinggal di tepi sungai. Sebagian masih menggunakan lanting atau rumah diatas air dalam kegiatan sehari-hari, seperti mandi atau mencuci pakaian.

Yang perlu diperhatikan, agar tetap berhati-hati dan waspada saat membawa anak kecil. Utamakan keselamatan. Apabila memiliki baju pelampung, siapkan dari rumah untuk dipakai disaat berwisata air menggunakan kelotok.

Selepas susur sungai naik kelotok, sahabat dapat berkunjung ke Pusat Pasar Mentaya (PPM), merupakan pasar terbesar di kota Sampit. 


5. TAMAN KOTA SAMPIT

Taman Kota Sampit merupakan taman publik di Sampit, ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit masyarakat untuk bersantai dan berolahraga. Di kawasan ini juga dipenuhi pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai jenis kebutuhan, termasuk beragam jenis kuliner.


taman kota sampit



6. TUGU PERDAMAIAN

7.  WISATA DANAU SALJU 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama