ldii tanam pohon


KUTAI KARTANEGARA, KALTIM, LDII – Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyelenggarakan penanaman pohon di area Rencana Pengembangan Komplek (RPK) Pondok Baitul Izzah Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kukar, Minggu (26/12).

Semangat kegiatan ini berawal dari penetapan keputusan Presiden nomor 24 tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) pada tanggal 28 November 2008, dan bulan Desember sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN).

Dalam sambutannya Bupati Kukar Edy Damansyah yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Alvianur, S.E., M.Ling. mengapresiasi langkah DPD LDII Kukar. Menurutnya, menanam pohon sebenarnya menanam doa dan harapan untuk generasi yang akan datang.

“Kegiatan ini akan berdampak positif pada lingkungan maupun kehidupan. Menanam pohon akan mendatangkan manfaat dan memberikan manfaat dan kesejahteraan kepada masyarakat,” ungkap Alvianur di depan undangan.

Pohon memiliki peran yang sangat penting bagi makhluk hidup dan kehidupannya. Pohon menjaga suhu bumi tetap dingin, menyerap karbon dan menyaring polusi udara. Pohon juga menjadi mitigasi bencana alam dan pengatur cuaca, menstabilkan tanah dan mencegah erosi.

Menurutnya, LDII telah memberikan kontribusi nyata dan pembangunan bangsa dan negara melalui dakwah pengkajian pemahaman dan penerapan ajaran Islam yang dilakukan secara menyeluruh, berkesinambungan, dan terintegrasi sesuai peran, posisi dan tanggung jawab.

“Visi misi ini sesuai dengan arah pembangunan IDAMAN Kukar, yakni meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sumber daya hayati bagi keberlangsungan hidup manusia dan meningkatkan upaya konservasi yang dilakukan pemda,” ujarnya.

Menurutnya, Bupati Edy memiliki berbagai program. Seperti, program desa ramah lingkungan yang ditujukan untuk pelestarian lingkungan pada desa dan lingkungan dengan memberikan insentif bagi desa yang menumbuhkan kebersamaan dalam mengelola pelestarian lingkungan.

Baca juga : LDII Sampit Aksi Tanam Pohon di Lahan Gambut

Kemudian ada program Kukar Peduli Lingkungan yang ditujukan untuk membangun sistem pengelolaan persampahan.

Selanjutnya ada program usaha ramah lingkungan, yang di dalamnya menekankan peran serta dari pelaku usaha untuk memfasilitasi penanaman 1 juta pohon pada wilayah penghijauan maupun reklamasi.

Bupati berharap tidak sebatas selesai penanaman pohon. Tetapi lebih pada Komitmen bersama untuk terus menjaga dan melestarikan pohon, hutan dan lingkungan kita.

“Saya senantiasa mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk turut serta memberikan kontribusi terbaik dalam membangun odah etam, dalam bentuk apa pun dan dalam peran apa pun yang bisa dilakukan,” tuturnya.

Lebih lanjut menurutnya, pemerintah tidak dapat berjalan sendiri tanpa kontribusi masyarakat. Saatnya semua terlihat bekerja sama, bergotong-royong, bertulangan, bersinergi untuk Kukar, untuk Indonesia dan untuk kehidupan yang lebih baik.


ldii tanam pohon


Sementara itu, Ketua DPD LDII Kabupaten Kukar Indra Ashari, S. Hut mengatakan bahwa bulan menanam pohon merupakan program DPP LDII sejak 2019. Setiap 1 orang menanam 3 pohon.

“Dikarenakan pandemi sempat terhenti, tahun 2021 ini kami mulai mencanangkan kembali menanam pohon di lingkungan Masjid, Pondok dan tempat perlu penghijauan agar menghasilkan udara yang segar,” ungkapnya.

Kegiatan hari ini mengambil tema “Hijau Bumiku Biru langitku”, Dirinya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk langkah dalam merawat dan melestarikan lingkungan dan hutan.

“Kita semua sudah melihat sendiri apa akibatnya bila kita tidak merawat alam. Main asal tebang pohon, akhirnya bencana seperti banjir dan longsor datang dan akan menyusahkan kita semua,” ucapnya.

Ia mengingatkan bahwa urusan pelestarian alam bukanlah masalah kecil, karena menyangkut masa depan anak cucu.

Kegiatan dimulai 08.00 WITA. Hadir kegiatan tersebut DPW LDII Kaltim yang mewakili H. Eko Budiono, M. KES. Komandan Kodim 0906 Tenggarong yang diwakili Prianto.

Hadir juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tenggarong KH Murtaji Ilyas, Ketua SENKOM Hari Budianto. SP, Ketua PERSINAS ASAD Katon Sunarto, Lurah Mangkurawang Sufiansyah, SH. dan Lurah Panji Mina Martini, S.Sos.

Acara dilanjutkan dengan foto bersama dan penanaman bibit pohon Ulin, Matoa, Pete, Durian, Gaharu, Jengkol dan pohon lainnya.

Tidak kurang dari 650 bibit pohon ditanam tersebar di area RPK Pondok Baitul Izzah Kelurahan Panji dengan luas sekitar 3 hektare.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama