Pondok Pesantren Gadingmangu Perak Jombang adalah salah satu pusat pendidikan agama Islam terbesar di Indonesia yang menekankan pada pengajaran Al-Quran dan hadis serta pembentukan akhlakul karimah generasi muda. Pondok Pesantren ini berada di Desa Gadingmangu Perak, Jombang, Jawa Timur, berlokasi 400 meter masuk ke utara Pasar Jeruk, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

Di samping mendidik generasi muda menjadi mubaligh dan mubalighot handal yang menguasai ilmu Al-Quran dan hadis serta berakhlak mulia, Pondok Pesantren Gadingmangu membina para santrinya agar cakap dalam hal intelektual dan berwawasan global. Pondok pesantren ini ditunjang sekolah umum tingkat SMP, SMA, dan SMK di bawah pengelolaan Yayasan Budi Utomo.

Pondok Pesantren Gadingmangu saat ini menampung sebanyak 3.500 siswa, terbagi atas 1950 santri putra dan 1.550 santri putri yang berasal dari berbagai daerah di seluruh penjuru Indonesia. Dari jumlah santri tersebut sebanyak 1.139 orang bersekolah di SMU Budi Utomo, Sebanyak 917 orang duduk di bangku SMK Budi Utomo dan 806 orang menjadi siswa SMP Budi Utomo.

Gadingmangu mulai beroperasi tahun 1952 dan memiliki fasilitas antara lain gedung asrama putri, gedung asrama putra, aula, wisma tamu, dapur umum dan pusat kegiatan siswa yaitu Masjid Baitul Antiq yang diresmikan oleh Bupati Jombang H. Soewoto Adiwibowo tanggal 7 Januari 1997.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama