IPSI Kotim

 

SAMPIT (17/10). Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalimantan Tengah, Dr. Guntur Talajan, S.H., M.Pd. mengukuhkan kepengurusan IPSI kabupaten Kotawaringin Timur  Minggu (17/10) di Padepokan PSHT Sampit.

Sanidin, S.Ag ditetapkan sebagai ketua umum IPSI kabupaten Kotawaringin Timur, didampingi Harsono, S.Pd dan Rusdiono, S.Pd sebagai sekretaris dan bendahara. Termasuk pengurus harian, sebanyak 55 orang lainnya juga telah dikukuhkan sebagai pengurus IPSI Kabupaten Kotawaringin Timur.

Nampak hadir ketua KONI kabupaten Kotawaringin Timur, H. Ahyar Umar dan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, Wim R.K. Benung, S.Sos, M.M., serta perwakilan dari 18 perguruan silat di Kotawaringin Timur.


zulfikanoor ipsi kalteng


Mewakili Ketua Umum, Zulfikannor Fitri, S.AP., sekretaris IPSI Kalteng, menyampaikan bahwa IPSI organisasi yang didirikan dengan maksud mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan kegiatan pencak silat di dalam pelestarian, pengembangan dan peningkatan kualitas serta prestasi pencak silat secara menyeluruh dan berkesinambungan di Kabupaten Kotawaringin Timur.

" Dalam pelestarian Pencak silat sebagai budaya bangsa sudah barang tentu diperlukan pelestarian pencak silat itu sendiri yang mana dalam pencak silat ada silat prestasi dan silat tradisi dari nenek moyang kita dahulu," ujar Zulfikannor yang akrab dipanggil Tri dikalangan rekan - rekannya saat membacakan sambutan tersebut.

Di Kalimantan Tengah sudah berdiri 14 pengurus IPSI kabupaten dan kota yang di dalamnya memiliki berbagai macam perguruan baik nasional maupun tradisional. 

" Inilah aset kita yang perlu kita bina bersama-sama," ungkap Tri memberikan semangat kepada hadirin.

IPSI Kotim


Disampaikan juga program kerja pengurus IPSI Kalimantan Tengah masa bakti 2020-2021 yang strategis diantaranya, tuan rumah Festival Seni Pencak Silat Nasional Bulan Mei 2021, Peningkatan Kompetensi Aparat Pertandingan yaitu Wasit dan Juri serta Pelatih Nasional, Menyiapkan Atlet berprestasi dan berjenjang dalam persiapan lolos PON 2024, Pembibitan/Pemasalan Silat di Kalimantan Tengah lewat usia dini, Kejuaraan Remaja dan Dewasa Dandrem Cup tanggal 22 s.d. 24 Oktober 2021.

" Dengan motto adanya kalimat "bergerak" d harapkan pengurus IPSI periode 2021-2025 dapat menggerakkan seluruh potensi pencak silat yang selama pandemi ini vakum, serta menjadi andalan pendulang emas di Porprov 2023 yang insya Allah Kotim akan menjadi tuan rumah," ujar Zulfikannoor.

Hal tersebut disampaikan, mengingat Kotim saat ini telah mempunyai dua orang pelatih bersertifikat tingkat nasional, Hermawan dari Setia Hati dan Usman Effendi dari Persinas ASAD.

Dalam kesempatan terpisah, Arif Rahman Taufik, S.E. dari perguruan Perguruan ASAD menyambut baik atas pengukuhan pengurus IPSI Kotim yang dikomandani H. Sanidin, S.Ag tersebut. 

" Kami berharap IPSI Kotim khususnya dan Kalimantan Tengah umumnya kedepan semakin berjaya di ajang kompetisi, baik tingkat daerah maupun nasional," kata Arif.

Arif juga menyebutkan, beberapa personil Persinas ASAD turut ambil bagian di kepengurusan IPSI Kotim, diantaranya Krista Agung Sundoyo, S.H. sebagai Dewan Penasihat, Dwi Suprianto, S.Pd. sebagai Sekretaris 2, Surono sebagai wasit juri, Usman Effendi, S.E. sebagai pelatih dan ia sendiri sebagai sekretaris 2.

 

1.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama