ldii merauke


MERAUKE, LDII – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Merauke masa bakti 2021-2026 resmi dilantik di Swiss-Belhotel, Rabu (9/6/2021). H Bekti Utomo resmi menjabat sebagai ketua yang dilantik langsung oleh Ketua DPW LDII Provinsi Papua H Sugiyono SE MSi.


Selain ketua, kepengurusan DPD LDII Kabupaten Merauke periode 2021-2026 yang dilantik antara lain Wakil Ketua Fadlan Burhan, Sekretaris Sofyan Sauri dan Bendahara Bagus Putera Beni Abdullah.


Dalam sambutannya, Sugiyono mengatakan, eksistensi LDII sudah lama dan baru-baru ini DPP melaksanakan Munas IX yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Ada empat amanat yang disampaikan presiden kepada LDII sebagai organisasi keagamaan yaitu harus mempunyai komitmen kebangsaan yang kuat, menjunjung sikap toleransi sesama, memiliki prinsip anti kekerasan kalbu, dan menghargai tradisi budaya lokal.


“LDII memiliki 8 program yang telah dicanangkan sehingga ke depan akan kita wujudkan sebagai kontribusi kepada bangsa, negara dan daerah,” tuturnya.


Di antaranya, sambung Sugiyono, program kebangsaan, keagamaan, pendidikan, ekonomi, pangan dan lingkungan hidup, kesehatan, teknologi digital, dan energi terbarukan. Kedelapan program prioritas itu penekanan programnya disesuaikan kondisi wilayah. Untuk Merauke, bisa mendorong sektor ketahanan pangan.


“Saya menyampaikan apresiasi kepada pengurus LDII Kabupaten Merauke senantiasa menjalin komunikasi dengan pemerintah, organisasi kemasyarakatan, tokoh-tokoh lain sehingga dapat menjaga tali silaturahmi. Selamat kepada pengurus baru, selamat beramal sholih, mengemban amanah pogram kerja LDII, dan beri kontribusi nyata,” ucapnya.


Komitmen LDII Sejalan Visi Misi Bupati

Di kesempatan yang sama, Sekda Merauke, Ruslan Ramli mengatakan, komitmen LDII dalam penguatan SDM profesional, religius untuk ketahanan pangan dan kemandirian bangsa menuju Kabupaten Merauke maju itu sesuai visi misi Bupati Merauke yakni gerbang manusia cerdas.


“Saya berharap LDII Merauke komitmen sebagai anak bangsa seluruhnya menjaga empat pilar kebangsaan, kebhinekaan yang sejatinya telah berjalan selama ini dengan Izakod Bekai Izakod Kai,” harapnya.


Sekda mengajak LDII agar senantiasa bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah mewujudkan pembangunan Merauke cerdas, aman, dan damai. Diakuinya, pemerintah tidak mungkin berjalan sendiri dalam melaksanakan pembangunan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Sementara itu Bidang Kerukunan Umat Beragama MUI Kabupaten Merauke, Wawan Gunawan menilai pentingnya untuk bersama-sama menciptakan kesejukan di antara organisasi keagamaan. Kebersamaan dan kesejukan yang telah tercipta di Kabupaten Merauke selama ini diakui sedikit tercederai dengan tertangkapnya terduga teroris belum lama ini.


“Kenapa saya katakan demikian, karena kita selama ini hidup dengan sangat harmonis termasuk dengan agama-agama sahabat. Kita sepakat bahwa teroris adalah musuh kita bersama dan harus kita lawan dan lumpuhkan. Kita harus mendukung tugas Densus dan Polres Merauke yang gencar melakukan upaya hukum demi keamanan masyarakat,” terangnya.


Sambutan Ketua Terpilih

Ketua DPD LDII Kabupaten Merauke, H Bekti Utomo menjelaskan, LDII adalah organisasi sosial dan independen yang konsen pada studi tentang Alquran. Tujuan LDII untuk meningkatkan harkat martabat kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, turut serta dalam pembangunan manusia Indonesia di Merauke, dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.


“LDII Merauke peduli dan ikut serta dalam memberdayakan ekonomi masyarakat dengan membentuk Usaha Bersama (UB) di tingkat pimpinan cabang yaitu sembako dan pengiriman beras ke luar Merauke sehingga membantu penyerapan produksi beras petani,” ungkapnya.


Ketua DPD terpilih mengatakan, pelantikan itu momentum LDII Merauke ke depan lebih berkontribusi nyata dalam kehidupan bermasyarakat. Mengendepankan nilai Pancasila, UUD 1945, dan targetnya menyusun program lima tahun ke depan dan program tahunan.


“Kami lebih menitik beratkan pembinaan karakter, peningkatan kapasitas SDM, kami juga melibatkan diri dalam kegiatan keagamaan khususnya pembinaan generasi muda untuk menuju generasi alim, faqih, mandiri, dan profesional,” lugas Bekti.


Selain itu, LDII mendukung terselenggaranya Pekan Olahraha Nasional (PON) XX Tahun 2021. Diharapkan, Merauke bisa menjadi tuan rumah yang baik.


“Kita bawa nama kabupaten, maka LDII sebagai unsur ormas mendukung dengan berperan aktif menciptakan kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif untuk pelaksanaan perhelatan PON XX Tahun 2021,” pungkas Bekti.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama