Perubahan adalah sebuah keniscayaan, berlaku kepada apapun dan siapapun di dunia ini. Dari yang tiada menjadi ada, baru menjadi usang, yang muda menjadi tua, serta yang hidup akhirnya tak berdaya dan mati.

Manusia sebagai salah satu mahluk yang diciptkan dimuka bumi ini berperan sebagai objek dan sekaligus juga subjek perubahan. Ia menjadi objek atas perubahan alam dan lingkungan diluar daripada dirinya. Sementara disisi yang lain, atas pemikiran dan perbuatannya ia mampu merubah alam dan lingkungannya, ia menjadi subjek, ia menjadi agen perubahan ( change of agent ).

Sadar atau tidak, kita telah sedemikian berkawan dengan perubahan. Bergantinya malam dan siang, terbenamnya bulan dan terbitnya matahari, nyenyaknya tidur malam hingga bangun di pagi hari, adalah sebagian yang bisa dipahami kita berada dalam perubahan, menikmati dan mengikuti alur perubahan itu. Tak ada penolakan saat malam telah larut manakala mata sulit untuk terbuka dan mulut berulang kali menguap, lalu kita tergerak untuk berbaring dan tidur.

وَهُوَ ٱلَّذِى جَعَلَ لَكُمُ ٱلَّيْلَ لِبَاسًۭا وَٱلنَّوْمَ سُبَاتًۭا وَجَعَلَ ٱلنَّهَارَ نُشُورًۭا Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha. [Surat Al-Furqan (25) ayat 47]

Keukeuh Tak Berubah Maka Beresiko Tergerus Perubahan

Bagi mereka yang saat ini telah berusia 60 tahunan ke atas, tentu pernah mengalami masa dimana Televisi hanya bisa ditonton dalam tampilan monokrom atau hitam putih. Televisi ditemukan pertama kali oleh John Logie Baird dari Skotlandia menjadi sebuah loncatan sejarah bagi perkembangan komunikasi audio visual hingga saat. Baird adalah salah satu dari sekian banyak manusia yang ingin berubah dan merubah keadaan. Baird seorang pekerja keras, meski dengan kondisi kesehatan kurang baik tak menyurutkan keinginannya untuk berkarya. Penemuan radio oleh Guglielmo Marconi menjadi inspirasi baginya dalam mengembangkan ide - ide di kepalanya. Bila suara bisa ditransmisikan, maka gambar atau video pun harus bisa ! Dan ia berhasil. Pada 1927, ia berhasil mengirim sinyal televisi dari London ke Glasgow. Setelah itu dari London ke New York. Saat itulah John Logie Baird tercatat sebagai penemu televisi pertama. Baird miskin berubah menjadi kaya, Baird sukses merubah dunia.
وَمَن جَـٰهَدَ فَإِنَّمَا يُجَـٰهِدُ لِنَفْسِهِۦٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ لَغَنِىٌّ عَنِ ٱلْعَـٰلَمِينَ

Dan barangsiapa yang bersungguh - sungguh, maka sesungguhnya kesungguhannya itu adalah (bermanfaat) untuk dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. [Surat Al-Ankabut (29) ayat 6] مَنْ جَدَّ وَجَدَ siapa yang bersungguh maka ia akan menemukan/mendapatkan. Perubahan berlanjut, tepatnya pada 25 Maret 1954, perusahaan elekronik AS, Radio Corporation od America (RCA) memproduksi televisi berwarna untuk kali pertama.

Bagaimana saat ini di tahun 2020 ? Televisi yang dahulu gembung dengan layar tabung saat ini telah ramping, dari layar LCD menjadi LED. Perubahan beriringan dengan waktu. Dari masa ke masa manusia, lingkungan, alam, dan segala didunia ini selalu mengalami perubahan.

لَهُۥ مُعَقِّبَـٰتٌۭ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍۢ سُوٓءًۭا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. [Surat Ar-Ra'd (13) ayat 11]

Di Indonesia kita mengenal sosok Raden Adjeng Kartini, sebagai pelopor kebangkitan perempuan. Awal dari kegundahan melihat kondisi perempuan saat itu ( terkungkung dengan tradisi ) membuatnya banyak menulis surat dalam mewujudkan keinginan mengangkat martabat wanita pribumi di tanah Jawa khususnya. Surat - surat Kartini telah dibukukan dengan judul Door Duisternis Tot Licht dan diterjemahkan dalam bahasa Melayu, Habis Gelap Terbitlah Terang; Boeah Pikiran

Berubah dari kejelekan menuju kebaikan

Muhammad Shalallahu'alaihi wassalam, Nabi terakhir yang diutus oleh Allah Subhanahu wata'ala di muka bumi. Sebagai seorang Rasul, beliau mengemban amanat mensiarkan risalah Allah kepada umat manusia. Ajakan untuk meng esa kan dan menyembah hanya kepada Allah. Muhammad mengajarkan perubahan dari jahiliyah menuju hidayah, dari kegelapan menuju ke alam terang minadzulumati ilannuur.

وَمَآ أَرْسَلْنَـٰكَ إِلَّا رَحْمَةًۭ لِّلْعَـٰلَمِينَ
Dan tiadalah Kami mengutus engkau (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. [Surat Al-Anbiya (21) ayat 107]

وَمَآ أَرْسَلْنَـٰكَ إِلَّا كَآفَّةًۭ لِّلنَّاسِ بَشِيرًۭا وَنَذِيرًۭا وَلَـٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad), melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. [Surat Saba (34) ayat 28]

ۚ ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَـٰمَ دِينًۭا ۚ فَمَنِ ٱضْطُرَّ فِى مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍۢ لِّإِثْمٍۢ ۙ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌۭ رَّحِيمٌۭ ... Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu ... [Surat Al-Ma'idah (5) ayat 3]

Beruntunglah bagi mereka yang diberi petunjuk Islam, dan mengerjakan amal shalih dalam islamnya.

Banyak kisah para sahabat di masa jahiliyah bergelimang maksiat dan setelahnya Allah memberi petunjuk menjadi orang iman, mereka berubah menjadi orang shalih dan syuhada'.

Tahun 2020 bakal terlewati. Mempersiapkan diri dengan sebaik - baiknya memasuki tahun 2021. Berubah tahun berubah pula situasi dan kondisi. Para pinisepuh memberikan nasihat, ikutilah perubahan jaman tapi jangan sampai merubah keyakinanmu.
 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama