LDII SAMPIT | Kalimantan Tengah | LDII Kotawaringin Timur

Persinas ASAD Kalteng

Palangkaraya (26/12) - Berdiri sejak tahun 1993, Perguruan Silat Nasional (Persinas, untuk selanjutnya dikenal dengan nama Persinas ASAD )  terus memperlihatkan eksistensinya di kancah persilatan tanah air. Berbagai event nasional dan internasional dijajaki untuk menorehkan prestasi. Pembinaan secara internal dan eksternal secara kontinyu dilakukan baik di tingkat pusat maupun daerah.


Baru - baru ini Pengda Persinas ASAD Kalimantan Tengah mengadakan penataran wasit dan juri pencak silat se Kalteng sejak tanggal 23 sampai 26 Desember 2020. Acara bertempat di aula Pengda persinas ASAD Palangkaraya dan diikuti oleh 30 orang wasit/juri utusan pengkab Kalteng.  


" Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas para wasit/juri Persinas ASAD, sehingga dapat memberikan kontribusi IPSI khusunya Kalimantan Tengah, " ujar Zulfikanor selaku ketua Pengda Persinas ASAD Kalimantan Tengah.


Zulfikanor yang juga menduduki sekretaris umum di IPSI Kalteng mengharapkan agar materi penataran yang diselenggarakan selama 3 hari tersebut dapat bermanfaat bagi individu peserta dan perguruan. Diungkapkan bahwa secara Nasional, Persinas ASAD termasuk perguruan silat yang cukup disegani. Hal ini memerlukan progress berupa program pembinaan atlit secara terukur dan terjadwal.


" Dengan motto “Ampuh Sehat Aman Damai” kami ingin menjadikan silat sebagai gaya hidup sehat masyarakat Indonesia. Apalagi di tengah Pandemi Covid-19, daya tahan tubuh merupakan tameng handal untuk menangkal serangan virus ", kata Arif Rahman salah satu peserta dari Penkab Persinas ASAD Kotawaringin Timur.


" Dalam silat tidak hanya sekedar mengandung pelajaran beladiri, tapi juga menonjolkan seni budaya ciri khas Indonesia, sehingga silat memiliki keunikan tersendiri. Ia dapat ditampilkan diberbagai kegiatan baik sebagai event pertandingan, ataupun pertujukan seni hiburan, " pungkas Surono salah satu Pelatih dan juri Persinas ASAD.   


Harapannya Silat bisa menjadi salah satu cabang olahraga yang berkibar di negeri sendiri dan dunia internasional.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama