Tak dipungkiri bahwa sejak pandemik covid-19 diberlakukan di Indonesia dan bahkan hampir di seluruh dunia, trafik penggunaan internet naik tajam. Diberbagai lini aktifitas invidu maupun sosial mengalami perubahan signifikan. Penerapan PSBB, Work from Home dan Belajar di Rumah menempati posisi teratas atas melonjaknya penggunaan bandwidth internet.


Di sisi lainnya penyedia layanan teleconference dan video call party mendapatkan posisi yang diuntungkan. Beberapa yang sedang trend saai ini diantaranya adalah ZOOM. Tak mau tertinggal dalam kompetisi per video meeting an, Google Meet berbenah dan memberikan penawaran menarik kepada pengguna internet 'GRATIS' hingga tak terbuat untuk fitur terbatas 1 Jam.


Sementara untuk paket meeting 300 Jam juga gratis hingga 30 September 2020 !  Silahkan bagi anda yang berminat untuk mencoba NGAJI Online di lingkungan keluarga atau bersama sesama warga LDII lainnya. Mumpung masih gratis.

Tak jauh berbeda dengan aplikasi video meeting lainnya, Google Meet yang tersedia dalam versi PC dan Android ini memberikan kemudahan kepada user yang hendak ber meeting ria.

Bagaimana cara memulai video meeting dengan Google Meet ?


  1. Buatlah Video Meeting baru, kemudian log in dengan menggunakan akun google milik anda. Atau apabila mempunyai akun google, maka anda dapat dengan mudah membuat akun baru. 
  2. Undang teman anda untuk join di meeting anda. Dapat dilakukan dengan mengirim link atau meeting code kepada siapapun yang anda suka untuk bergabung di meeting. 
  3. Apabila anda ingin Join Meeting, maka klik link meeting yang diberikan kepada anda lalu masukkan code meeting.
  4. Selesai
Mudah bukan ? 

Beberapa fasilitas yang dapat anda gunakan saat meeting :
  • Your entire screen > anda dapat membagi layar monitor anda kepada user lain
  • A window > silakan pilih window terbuka untuk dibagi kepada peserta meeting
  • A Chrome tab > tab aktif di chrome juga dapat anda share


Google Meet memberikan jaminan keamana dan privacy saat meeting :

    Fitur anti-penyalahgunaan aktif secara default
    Google Meet menggunakan serangkaian tindakan anti-penyalahgunaan untuk menjaga keamanan rapat Anda, termasuk fitur anti-pembajakan dan kontrol rapat yang aman. Ini juga mendukung beberapa opsi verifikasi 2 langkah termasuk kunci keamanan.

    Enkripsi dalam transit aktif secara default
    Semua rapat video dienkripsi dalam transit secara default antara klien dan Google. Memenuhi mematuhi standar keamanan IETF untuk Datagram Transport Layer Security (DTLS) dan Secure Transport Real-time Protocol (SRTP).

    Kepatuhan untuk mendukung persyaratan peraturan
    Google Meet, secara teratur menjalani verifikasi independen atas keamanan, privasi, dan kontrol kepatuhan mereka. Untuk daftar lengkap sertifikasi dan pengesahan, kunjungi pusat sumber daya Kepatuhan.