Walaupun Pemilukada masih kurang 4 bulanan lagi, namun suasana untuk memperebutkan hati masyarakat sudah mulai terlihat. Spanduk pasangan calon Bupati dan wakil Bupati banyak terpampang di berbagai sudut kota Sampit, berhias photo dan janji - janji menggiurkan. Isu - isu hangat seputar kondisi Indonesia  saat ini banyak diangkat untuk dijadikan daya pikat pencalonan para kontestan. 
Mengingat dana untuk pelaksanaan Pemilukada sangat besar, menurut ketua KPU Kotawaringin Timur diperkirakan menelan biaya 20 miliar, maka Pemilukada nanti harus benar-benar dapat memberikan sosok pemimpin terbaik bagi Kabupaten Kotawaringin Timur.
Lalu bagaimana sosok pemimpin yang ideal ? Berikut teori kepemimpinan yang disampaikan oleh Warren Bennis :
1. Guiding Vision  - Visioner : Mempunyai ide yang jelas tentang apa saja yang diinginkan, secara profesional atau pribadi, dan punya kekuatan untuk bertahan ketika mengalai kemunduran atau kegagalan
2. Passion - Berkemauan kuat : Mencintai apa yang dikerjakan, mempunyai kesungguhan yang luar biasa dalam menjalankan hidup, dikombinasikan dengan kesungguhan dalam bekerja, menjalani profesi dan bertindak
3. Integrity - Integritas : Integritas diperoleh dari pengetahuan sendiri dan kedewasaan. Tahu kekuatan dan kelemahan diri sendiri, teguh memegang prinsip, dan belajar dari pengalaman bagaimana belajar dari dan bekerja dengan orang lain.
4. Trust - Amanah : Memperoleh kepercayaan dari orang lain
5. Curiosity - Rasa ingin tahu : Ingin tahu terhadap segala hal dan ingin belajar sebanyak mungkin
6. Courage - Berani : Berani mengambil resiko, bereksperimen, dan mencoba hal-hal baru .
Dalam Islam kriteria kepemimpinan yang tersebut di atas semuanya ada dalam Rasulullah SAW. Semoga Barokah.

Prie - LDII Sampit