Tema dan Logo Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024

 

Tahun 2024 menandai momen istimewa bagi Indonesia, yaitu peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79. Peringatan ini terasa semakin spesial karena bertepatan dengan tiga transisi penting: penyambutan Ibu Kota baru Nusantara, pergantian kepemimpinan nasional, dan momentum menuju Indonesia Emas 2045.

Mengangkat tema besar "Nusantara Baru, Indonesia Maju", logo dan identitas visual HUT Ke-79 Kemerdekaan RI tahun ini mencerminkan semangat persatuan dan kesetaraan bangsa dalam melangkah menuju masa depan yang gemilang.


Tema dan Logo Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024


Filosofi Logo

Logo HUT Ke-79 Kemerdekaan RI merepresentasikan semangat baru yang besar untuk mencapai segala tujuan bangsa. Persatuan dan kesetaraan menjadi landasan utama dalam perjuangan ini, dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai luhur dan memperhatikan kelestarian alam dan budaya.


Karakter Visual

Identitas visual HUT Ke-79 Kemerdekaan RI tergambar melalui elemen-elemen yang mengalir, saling terhubung, dan luwes. Hal ini melambangkan rasa ramah dan dekat dengan masyarakat, serta mencerminkan sikap profesional dalam membangun bangsa.

  • Luwes & Adaptif: Menggambarkan pembangunan Indonesia yang adaptif terhadap alam dan berkelanjutan.
  • Berkaitan : Ditunjukkan melalui elemen visual yang saling berkaitan dan melengkapi, merepresentasikan keberagaman budaya yang bersatu padu.
  • Kokoh & Seimbang : Diwujudkan melalui struktur dan keseimbangan visual, melambangkan pondasi yang kuat dan pertahanan yang kokoh bagi bangsa.




Makna Logo

Angka 79 yang disusun dari bagian-bagian terpisah melambangkan bentuk Indonesia sebagai negara kepulauan. Di ujung angka 7 terdapat bentuk paruh burung garuda, lambang negara, yang menunjukkan kekuatan dan semangat bangsa. Angka 7 yang menyerupai panah ke atas melambangkan optimisme dan tekad untuk meningkatkan investasi dan ekspor, serta menggerakkan roda perekonomian nasional.

Lengkungan yang saling terhubung dan mengalir pada angka 7 dan 9 melambangkan pembangunan berkelanjutan yang memperhatikan kelestarian alam. Bentuknya yang menyerupai daun dan dahan merepresentasikan kekayaan alam Indonesia.

Post a Comment

Previous Post Next Post