Cendekiawan Muslim NU Kunjungi DPW LDII Jabar

Cendekiawan Muslim NU Kunjungi DPW LDII Jabar

Bandung (29/6) – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII Jawa Barat menerima kunjungan silaturrahim dari cendekiawan muslim Nahdlatul Ulama (NU), Dr. Ahmad Ali MD, MA, yang juga merupakan dosen Universitas Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta. Kunjungan ini berlangsung pada Sabtu, 29 Juni 2024, di Sekretariat DPW LDII Jawa Barat, Jl. Raya Jatinangor No.138, Kabupaten Sumedang.

Dr. Ahmad Ali berkunjung ke Sekretariat untuk melakukan riset dan observasi sebagai bagian dari penulisan buku keduanya yang berjudul “Model, Corak dan Sistem Pendidikan di LDII dalam Platform Profesional Religius”. Dalam rangka riset ini, Dr. Ahmad Ali menemui sejumlah tokoh untuk berdiskusi dan wawancara mengenai LDII.


Cendekiawan Muslim NU Kunjungi DPW LDII Jabar


"Silaturahim dengan tokoh-tokoh agama, akademisi, kemudian menggali berbagai informasi bagaimana dinamika-dinamika LDII di berbagai daerah, perkembangannya seperti apa, dinamika, tantangannya, dan ini spesifik khusus untuk mengkaji sistem corak dan model pendidikan LDII di Indonesia dalam platform profesional religius yang spesifik," tutur Dr. Ahmad Ali.

Dr. Ahmad Ali menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Riset tentang LDII yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Ali dimulai sejak tahun 2021 hingga 2022 dan menghasilkan buku pertama yang diterbitkan pada Juni 2023 berjudul “Nilai-Nilai Kebajikan dalam Jamaah LDII, dari Amal Saleh hingga Kemandirian, Menggali dan Mengkreasikan Hikmah dalam Kehidupan”.

Ketua DPW LDII Jawa Barat, KH. Dicky Harun Sp. Ort, menyambut baik kunjungan Dr. Ahmad Ali. "Kami sangat menghargai upaya Dr. Ahmad Ali dalam memahami dan mendokumentasikan sistem pendidikan LDII. Ini adalah langkah positif untuk mengenalkan sistem pendidikan kami kepada masyarakat luas," ujar KH. Dicky Harun.


Cendekiawan Muslim NU Kunjungi DPW LDII Jabar


Dr. Ahmad Ali saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta. Ia menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang Jawa Timur, serta pendidikan S2 dan S3 di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. "Alhamdulillah linear, konsisten, S1, S2, S3 itu Syariah, Hukum Islam," terang Dr. Ahmad Ali mengenai latar belakang pendidikannya.

Sebelum tiba di Bandung, Dr. Ahmad Ali telah melakukan silaturahim dengan sejumlah tokoh agama dan pimpinan perguruan tinggi Islam di berbagai daerah di Indonesia. "Istilahnya kalau Indonesia itu di tiga wilayah, tiga bagian waktu Indonesia Barat, Tengah, dan Timur. Itu sudah dari Sabang sampai Merauke bersilaturahim, kemudian melakukan riset, termasuk nanti di sini," ujarnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post