LDII, NU, Muhammadiyah Bersama Kemenag Kalteng Pantau Hilal 1 Zulhijah

Pemantauan hilal yang dilakukan di Menara Masjid Agung Darussalam Palangka Raya, Jumat (7/6) sore itu juga dilakukan BMKG, IAIN dan Kominfo Kalteng.


PALANGKA RAYA - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kalteng, PW NU Kalteng dan PW Muhammadiyah Kalteng melakukan pantauan hilal 1 Zulhijah 1445 H. 

Dalam Pemantauan hilal yang dilakukan di Menara Masjid Agung Darussalam Palangka Raya, Jumat (7/6) sore itu juga dilakukan BMKG, IAIN dan Kominfo Kalteng.

Kepala Kanwil Kemenag Kalteng H Noor Fahmi mengungkapkan, di Kalteng ada dua titik lokasi titik pantau hilal. Pertama di Menara Darussalam Palangka Raya dan titik kedua di Pantai Bogam, Pangkalan Bun.  

“Kami melaporkan hasil pantauan hilal ini ke Menteri Agama untuk bahan sidang Isbat pada Jumat (7/6/2024),” kata Noor Fahmi.


Pemantauan hilal yang dilakukan di Menara Masjid Agung Darussalam Palangka Raya, Jumat (7/6) sore itu juga dilakukan BMKG, IAIN dan Kominfo Kalteng.


Dia mengungkapkan, di Palangka Raya hilal tidak terlihat karena cuaca yang mendung. Namun, ketinggian hilal di seluruh Indonesia berada di kisaran 9,36 derajat. Sedangkan di Pantai/Teluk Bogam berada di titik 9,75 derajat. ”Namun kami semua menunggu sidang isbat yang di laksanakan pada malam ini,” tambah dia.

Di tempat sama, Ketua DPW LDII Kalteng HM Nur Prayudi yang turut melakukan pemantauan hilal mengungkapkan, LDII juga mengikuti sidang isbat pada Jumat (7/6/2024) malam untuk penentuan tanggal 1 Zulhizah 1445H. 

“Hasil laporan pantauan hilal pada sore ini kami kirimkan ke DPP LDII bersama dengan wilayah lainnya,” kata Nur Prayudi. (iky)

Post a Comment

Previous Post Next Post