Perkuat Toleransi dan Kebersamaan, Pj Wali Kota Kediri Zanariah Kunjungi Ponpes Wali Barokah

KEDIRI. Dalam semangat Idulfitri 1445 H, Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, bersama Forkompimda Plus, melakukan serangkaian kunjungan silaturahmi ke beberapa tokoh agama di Kota Kediri pada Rabu (17/4/2024). Kunjungan ini termasuk ke Pondok Pesantren Wali Barokah, di mana Pj Wali Kota disambut hangat oleh KH Sunarto, Ketua Ponpes Wali Barokah, Wakil Ketua H Agung Riyanto, serta pengurus LDII Kota Kediri.

KH Sunarto menyampaikan bahwa silaturahmi ini adalah bagian dari upaya untuk merawat kebersamaan yang telah terjalin dengan baik. “Dari kebersamaan tersebut diharapkan bisa terbangun rasa saling pengertian antara satu sama dengan yang lain,” ujarnya.

Selama bulan Ramadan, umat muslim diajak tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga emosi dan amarah, sebagai cara untuk menjaga lisan dari kata-kata yang dapat menyinggung. Menurut KH Sunarto, dengan mempertahankan nilai-nilai Ramadan, toleransi antar masyarakat dapat diperkuat, menjaga kondusivitas Kota Kediri.

“Kerukunan dan kebersamaan hanya bisa dibangun dengan saling pengertian dan bertutur kata yang baik. Saling menghargai dan menghormati itulah esensi dari toleransi di Kota Kediri,” tambah KH Sunarto.

Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, mengungkapkan kebanggaannya atas penghargaan yang diterima Kota Kediri sebagai salah satu kota paling toleran di Indonesia, berkat guyub rukun antar warga yang mengesampingkan perbedaan. “Kota Kediri saat ini berada di peringkat ke-7 sebagai Kota Paling Toleran, dan kami berharap dukungan serta doa dari para ulama untuk terus meningkatkan peringkat tersebut,” kata Zanariah.

Kunjungan silaturahmi ini juga meliputi Pondok Pesantren Lirboyo, kediaman KH Abu Bakar Abdul Jalil di Pondok Pesantren Salafiyah Bandar Kidul, Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Kediri, dan kediaman KH Anwar Iskandar di Pondok Pesantren Assa’idiyyah Jamsaren, menegaskan komitmen Kota Kediri dalam memelihara kerukunan dan toleransi.

Post a Comment

Previous Post Next Post