MUI Kota Ternate Ajak Umat Islam Perkuat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan

Ustadz Harwis Ajak Umat Islam Perkuat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan


Ternate, 1 April 2024 - Sekretaris Komisi Fatwa MUI Kota Ternate, Ustadz Harwis, mengajak umat Islam untuk merenungkan makna Ramadan dalam konteks persaudaraan Islam (ukhuwah Islamiyah) di acara buka puasa bersama DPD LDII Kota Ternate bersama MUI Kota Ternate pada Sabtu (23/3).

"Bulan suci ini sebagai momentum untuk memperkuat ikatan ukhuwah Islamiyah antar sesama umat Islam. Ramadan bukan hanya sekadar menjalankan ibadah puasa secara individu, tetapi juga tentang meningkatkan hubungan sosial, kepedulian, dan solidaritas antar sesama muslim," kata Ustadz Harwis.

Ustadz Harwis juga mengingatkan jamaah yang hadir untuk menjaga diri dari perilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai Ramadan, seperti menghibah atau mengumbar aib orang lain.

"Menghibah di bulan Ramadan, terutama dengan menyuarakan atau memperlihatkan kesulitan yang dialami, dapat menjadi bentuk tidak bersyukur atas nikmat yang Allah berikan," ujarnya.

Di akhir tausiyahnya, Ustadz Harwis mengajak umat Islam untuk peduli terhadap kesulitan yang dihadapi saudara seiman di Palestina.

"Saat ini kita lagi diuji oleh Allah lewat saudara kita yang ada di Palestina. Maka hanya doa dan sumbangsih berupa donasi yang bisa kita berikan kepada mereka. Mudah-mudahan mereka di keluarkan dari kesulitan-kesulitan dalam bulan Ramadan ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Kota Ternate, Erwin Umasugi, memaparkan profil LDII dalam pidatonya. Erwin mengatakan, LDII merupakan ormas yang independen, resmi, dan legal yang mengikuti ketentuan dan regulasi yang diatur oleh Pemerintah Republik Indonesia.

"LDII Kota Ternate hadir sebagai mitra kerja pemerintah, oleh karena itu mohon kepada Pemerintah Kota Ternate dapat membuka ruang bagi kami agar dapat turut serta memberikan kontribusi konstruktif bagi Kota tercinta kita ini," ujarnya.

Buka puasa tersebut juga dihadiri Ketua DPW LDII Maluku Utara Nurhadi, perwakilan Polda Maluku Utara, Kapolres Ternate, Dandim 1501 Ternate, Kepala Kantor Kementerian Agama Ternate, dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam).

Post a Comment

Previous Post Next Post