LDII Kaltim Penuhi Undangan Kemenag, Pantau Hilal

LDII Kaltim Penuhi Undangan Kemenag, Pantau Hilal

Samarinda (12/4). DPW LDII Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) hadiri undangan pemantauan rukyatul hilal yang diadakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag). Acara berlangsung di Hotel Five Premiere, Samarinda, Kaltim pada Selasa (9/4).

Acara tersebut dihadiri oleh jajaran Kantor Wilayah Kemenag Kaltim, Kanwil Pengadilan Agama Provinsi Kaltim, tim dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta beberapa organisasi masyarakat Islam di Samarinda.

Anggota Tim Pemantau Hilal dari DPW LDII Kaltim, Achmad Asdori menjelaskan bahwa kondisi cuaca saat pemantauan hilal cerah berawan, “Meskipun cuaca cerah berawan, namun hilal tidak terlihat karena tertutup awan yang tebal,” ujar Asdori.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kaltim, Abdul Khalik mengapresiasi partisipasi organisasi masyarakat memantau hilal dan berharap agar di masa mendatang lebih banyak lagi ormas yang turut serta. “Ini adalah kegiatan yang positif, dan kami berharap agar lebih banyak lagi organisasi yang berpartisipasi dalam pemantauan rukyatul hilal di Samarinda,” tambahnya.

Perwakilan dari BMKG, Faisal juga menyampaikan, sebelumnya mereka juga belum berhasil melihat hilal karena kondisi geografis Samarinda yang dataran rendah serta tertutup oleh pegunungan.

Meski demikian, beberapa tempat di Indonesia telah melihat hilal, seperti di Sabang dan Merauke. Hingga pemerintah resmi menetapkan 1 Syawal 1445 H atau Hari Raya Idul Fitri 2024 jatuh pada 9 April 2024. Hal tersebut disampaikan, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta Pusat.

Post a Comment

Previous Post Next Post